Nasi campur ‘paku’, waspadalah !!!

Siang tadi terik mentari terasa teramat panas dan menyengat. Peluh sudah merembes membasahi kaos serta jaket yang kupakai dan membuat panasnya semakin menjadi-jadi.

” Wow, panas banget…sedd dah.” gumanku ketika melintas diseputaran By Pass Ngurah Rai, masih seputaran Sanur.

Tak hanya panas tapi juga lapar, sungguh sangat lapar ketika jam sudah menunjukkan pukul 12.30. Aku memutuskan untuk memperlambat laju motor dan sesekali mengamati kalau saja ada warung makan yang bisa kusinggahi.

Aku jarang makan diluar yah sesekali saja, biasanya lebih sering makan makanan yang dimasak di rumah, termasuk setiap harinya ke kantor bekal dari rumah senantiasa kubawa.

Menurutku walaupun masakan rumah sederhana dan menunya tidak selalu sama setiap harinya, hal terpenting yang selalu kuperhatikan prihal makanan adalah kebersihan. Kemudian selain bersih, cita rasanya dapet di lidah dan selalu ada cinta disetiap santapan yang dibuat dari dapur rumah, hehe. Kalau tidak ibu yang memasak yah istriku, jadi kadar cintanya samalah.

Namun kali ini kuputuskan untuk mencari makanan terdekat, yah sesekali jajan diluar rumah tak apalah mumpung lapar tingkat tinggi.

Akhirnya aku jumpa warung ‘jawa’ yang menjual makanan, menunya lumayan beragam bisa diliat di gambar berikut.
foto 1

Setelah menunggu mengantri dan menunggu sejenak maka tibalah pesananku, nasi putih, sayur jepang, telur dadar dan segelas es jeruk.

Tanpa menunggu lebih lama dan kondisi perut sudah tidak bersahabat maka kumulai saja makannya, eits tidak lupa berdoa sebelum makan.

Sebelum suapan pertama masuk mulut dan dikunyah, kebiasaanku selalu membeberkan nasi serta lauknya dipiring. Yah pikirku sih kali aja ada batu kecil ataupun kotoran yang tidak diinginkan ada di dalam makanan.

“klenting…”, terdengar pelan ketika sendok makanku menyentuh sesuatu yang keras di dalam tumpukan sambal.

Mataku dan pikiranku seketika itu langsung mencari tau dari manakah sumber bunyi itu, dan akhirnya apa yang kutemukan dalam tumpukan sambal

foto 2

foto 3

Yup seperti gambar yang kutunjukkan diatas, sebatang paku kecil.

Puji syukur tidak sempat masuk kedalam mulut dan terkunyah. Kusisihkan di tepi piring dengan harapan nanti ditemukan oleh si penjual, dan bisa dijadikan pelajaran berharga.

Nah inilah resiko makan-makanan di luar masakan yang diproduksi di rumah, coba bayangkan eh coba pikirkan saja sebatang paku masuk ke dalam sambal.

Sempat kupikir kalau saja paku ini mungkin terlepas dari wajan ataupun penggorengan yang dipakai memasak, tapi tidak masuk akal sih. Kalau benda tersebut merupakan bagian dari wajan yang dipakai memasak maka tidak seharusnya paku tapi sekrup.

Tapi yang terpenting menurutku sih bukan masalah dari mana paku itu berasal akan tetapi mengapa paku tersebut bisa masuk kedalam makanan. Ini menunjukkan makanan yang disajikan di warung tersebut tidaklah bersih, sehat apalagi higienis.

Jadi untuk sahabat blogger, serta kawan-kawan yang biasa makan masakan diluar rumah mohon berhati-hati, sangat banyak warung makan yang tidak memperhatikan kesehatan dalam mereka mengolah makanan, dan terlebih lagi keselamatan konsumen yang memakan masakan mereka.

Semoga pengalaman ini bermanfaat bagi anda.

Selamat malam.

Advertisements

Posted on 30 December 2012, in CAMPUR SARI, Sosial, Umum. Bookmark the permalink. 7 Comments.

  1. Serius tuhh bang?? aihh ngeri banget ini mah. Gak kebayang kalo pakunya gak ketahuan.

  2. hi dirga,
    iya neh, ciyusss. yang begini ini yg bikin ane ngeri kalo makan diluar, bener2 berbahaya

  3. Busyet dah, kirain sayur paku ternyata paku beneran … ngeri gan

  4. kenken kabare bro… wuih sadis banget pakunya bisa nongol disitu….

  5. oops..! Ngeri amat. Pakunya kelihatan masih baru..

  6. nampaknya ilmu santet orang yg memasak sambal itu kalah ma ilmunya bro Sige…terbukti langsung keliatan paku nya, Mantap!!…hahahahaa….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: