Recovery data HDD yang terbakar

Pagi ini saya disodorkan pada sebuah hard disk IDE 40GB dengan kondisi terbakar pada PCBnya oleh seorang konsumen. Dengan wajah memelas dan penuh harapan si konsumen minta agar data-datanya di dalam hard disk tersebut diselamatkan. Yang terpenting adalah data-data hasil penelitian skripsinya.

Saya tanyakan mengapa bisa terjadi, ternyata semula dia hendak melakukan scan dan membackup data-datanya dengan menjadikannya sebagai external hard disk dengan menggunakan IDE converter dan adaptor tambahan. Entah sial atau apa, akhirnya terpangganglah hard disk tersebut.

Aroma PCB terbakar masih menyengat dari hard disk tersebut yang menandakan bahwa baru saja ada lonjakan arus listrik yang menghanguskan salah satu komponen PCB tersebut.

1

Tak berlama-lama, hal pertama yang saya lakukan untuk menyelamatkan data-datanya adalah memastikan hard disknya masih terdeksti di BIOS, dan ternyata hasilnya BIOS tidak mendeteksi adanya kehidupan di hard disk tersebut.

“Hmm, rusak berat neh hardsik..” guman saya.

Kemudian saya bongkar-bongkar tumpukan hard disk bekas yang saya punya. Kebetulan saya mengumpulkan hard disk bekas, baik yang sudah tidak saya pakai atau hard disk korban saya berpraktek ria ataupun dari orang yang mau menjual hard disk bekasnya kepada saya. Sambil promo, kebetulan saya menerima bila ada yang menjual hardsik bekas dalam kondisi rusak, hehe.

Ok, mari kita lanjutkan, nah bila BIOS sudah tidak bisa mendeteksi adanya hard disk, berati kerusakannya bisa dikategorikan berat dan solusi satu-satunya adalah kanibal. Kanibal yang dimaksudkan adalah, menggantik komponen PCB yang terbakar dengan PCB yang masih utuh dari hard disk dengan merk dan serial model sama.

Saya pastikan merk dan model hard disk tersebut, ternyata diatara hard disk bekas yang menumpuk saya jumpai yang saya cari, PCB nya sama dan masih utuh.

4
3
Kemudian hard disk yang terbakar perlahan saya buka PCBnya, dan saya gantikan dengan hard disk yang masih utuh.

Akhirnya PCB sudah berpindah ke hard disk yang terbakar tadi, dan saatnya kita apakah masih ada kehidupan yang bisa diselamatkan, dan hasilnya…

5

Seeepppp, puji syukur hard disknya terdeksi di BIOS dan saatnya memback up data datanya yang penting.

Kemudian berita bahagia ini saya sampaikan ke konsumen saya dan penuh riang gembira dia mendapatkan data-data yang di butuhkan untuk melanjutkan kehidupannya.

Dan pertanyaan terakhir dari konsumen saya adalah..

“berapa saya harus membayar?…” hehehe…

Yah demikian dulu deh sharenya, kalo ada kasus mengenai data hilang, terhapus, terformat dan bahkan hard disk rusak berat seperti kasus saya diatas, bila anda kurang yakin bisa melakukan hal yang saya lakukan karena  keterbatasan alat maupun keberanian pengalaman bisa call saya masalah harga bisa diaturlah. 🙂

Yah demikian dulu sharenya, semoga bermanfaat. Ditunggu orderannya.. loh kok !@#$% xixixi

Advertisements

Posted on 2 December 2012, in Komputer, TEKNOLOGI and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 24 Comments.

  1. Mantab gan … obeng baru langsung menghasilkan … wkkkk .. salut

  2. Wah keren nih. Share yang berujung iklan. #eh
    Tapi emang recovery data gini emang susah, makanya jasanya sangat dibutuhkan..

    • Hi bli wahyudi..
      Salam kenal dan terima kasih telah mampir..
      haha iseng aja Bli, itung2 sharing pengalaman..liat liat aja gratis kok..^^

  3. Untungnya liat gratis kalau enggak ya gimana dong. 🙂

  4. Kalau saya punya beberapa harddisk bekas, bahkan ada yang masih normal bisa dipakai, kira2 bisa diuangkan bli? xixixi…

  5. wah bagus ni gan,, kira kira harga hadisk bekas berapa ya gan?

  6. Brp nmr tlpn nya bos? Hardis saya rusak.. ini nmr tlpn saya 081805326898/03627466098. Urgent bos !!!

  7. HDD gw juga gk terdeteksi bios. pdhl disk muter dan pcb gk ada yg terbakar.

  8. tengkyu berat bro..ini berguna banget buat gue saat ini.. tengkyu

  9. sory gan mau tanya kalau menggunakan cara ini jika hardisk tersebut dibagi menjadi 3 partisi apakah partisinya akan tetap sama… yaitu 3 dan apakah datanya akan save dan tidak crash . . mohon pencerahannya. . . terimakasih . . .

  10. saya punya harddisk lama, dan udah lama rusak, MATOT alias mati total, kebetulan ada data penting sy di sana, bisa bantu saya?

  11. Fantastic website. Plenty of useful info here.
    I’m sending it to a few buddies ans also
    sharing in delicious. And obviously, thank you to your effort!

  12. mau nanya, harddisk saya hitachi 160GB SATA covernya penyok nih gara gara tukang servis gadungan. terus saya dikasih disc berlebih. jadi total disc saya 3 buah(2 di dalam harddisk+1 di luar). nah, dari 3 disc ini kan saya gatau yang mana yang beneran disc saya? kira kira kalo dikanibalin, terus di cobain discnya ganti gantian bisa nggak? saya udah nyoba 2 tempat servis lain yang katanya bagus, tapi nggak ada yang berani buka harddisk saya. mohon bantuannya bang.

  13. halo bli, saya punya hardisk sata 1 TB, ketika saya pindahkan memakai chasing external hardisk jdi ga kebaca melalui USB, kira2 hardisk saya masih bisa di selamatkan ga????

  14. Malam Agan… laptop saya jg mngalami krusakn d hdd nya. Kta teknisi karena ad komponen yg terbakar. Laptop saya dell. Saya bnr2 butuh data2 d laptop saya,,, 😥
    No hp : 089693463377.
    No hp agan brapa ya? Tks

  15. Pak, bisa minta tolong selamatkan data di hardisk saya yg rusak. Tolong hubungi saya di 089678736101.

  16. Ane beli PCBnya gan no ane 08990669174

  17. bli tolong dong hdd gw kebakar niih,,, rumah lu dimana nih bantu dong smsn no lu dong ke no gw 089654879390

  18. You need to be a part of a contest for one of the most
    useful sites on the net. I will recommend this website!

  1. Pingback: Cara memperbaiki hardisk yang terbakar | rendyyonanda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: