Jangan hina Bali dan pribuminya!!!

Rabu 6 April lalu saya sedikit terperanjak ketika membuka YM, bagaimana bisa??

Sebuah artikel yang cukup membuat pikiran dan mata saya tak mau berpaling sekitar 2 detik dan memutuskan untuk membaca serta menyimak artikel tersebut adalah  dari pemberitaan dari id.berita.yahoo.com, dengan judul “Disebut ‘Pulau Neraka’ Oleh Majalah Time, Pemprov Bali Meradang (Bagian 1)”

Setelah saya simak pemberitaan tersebut, ternyata “meradang” yang dimaksud id.berita.yahoo.com adalah keprihatinan berbagai kalangan dari pemerintahan daerah Bali tentang salah satu artikel dari Times.com.

Saya coba untuk mencari pemberitaan yang di muat oleh Times.com mengenai prihal tersebut, dan kemudian saya mendapati berita yang dimaksud, berikut kutipan judulnya;

Holidays in Hell: Bali’s Ongoing Woes
By Andrew Marshall / Bali

Dari keseluruhan artikel tersebut menceritakan bagaimana kondisi Kuta sebagai salah satu Objek Wisata dunia. Issue yang diangkat penulis adalah tentang kotornya pantai kuta, langkanya air, kemacetan dan seputaran ketidaknyamanan objek wisata di Kuta.

Namun kemudian yang menjadi telaah saya dalam tulisan tersebut adalah, bagaimana mungkin Issue yang hanya berceritakan tentang fakta lapangan di Kuta kemudian di blow up dan digeralisir dengan menulis “Holidays in Hell: Bali’s Ongoing Woes”

“Loh sebentar-sebentar mister, ente pikir Bali hanya Kuta saja?”

Itulah yang muncul di benak saya, bagaimana tidak? Masak hanya masalah dengan ketidaknyamanan di Kuta kok sampai mengatakan/menulis Bali seperti Neraka. Ck ck ck, sungguh penghinaan luar biasa.

Saya rasa semua pihak yang merasa memiliki Bali sontak pasti prihatin atau setidaknya berkomentar bahwa pemberitaan yang ditulis oleh Mister Marshal tidak sepenuhnya benar dan terkesan menghina.

Nah, sikap dari semua kalangan yang tidak sejalan pemberitan dari Times.com tersebut, kemudian dianggap sebagai tindakan “meradang” ala bahasa id.berita.yahoo.com

Dan apa yang terjadi kemudian, begitu banyak komentar-komentar dari pembaca id.berita.yahoo.com yang seakan-akan tersirat kesan menyumpahi, bahkan ada di beberapa komentar mengatakan [maaf] “orang Bali katrok, ndeso, alias stupid!”

Anda bisa melihat artikel beserta komentar dari saudari “Arum” disini.

Sontak saja kuping saya memerah, apapun alasannya saya sebagai orang Bali tidak terima bila orang Bali dilecehkan seperti itu, apapun alasannya.

Tidak hanya satu komentar itu saja, bahkan beberapa komentar turut ikut ambil bagian menjelek-jelekan Bali, sungguh suatu yang sangat membuat hati ini panas.

Saya coba laporkan komentar-komentar yang terlalu menyudutkan Bali ke Yahoo.com, dalam laporan tersebut saya lengkapi juga dengan kutipan dari komentar yang saya maksud. Namun apa balasan Yahoo Indonesia? berikut kutipan balasan yang saya terima via email,

“Hallo Nurhadi,

Terima kasih telah menghubungi Yahoo! Indonesia.

Kami telah meninjau laporan penyalahgunaan yang Anda kirimkan sesuai dengan Ketentuan Layanan kami.  Berdasarkan pedoman privasi kami, kami tidak dapat menyingkap tindakan yang telah diambil terhadap account pengguna, jika ada.
Kami dapat memberitahu Anda bahwa kami bisa saja, dalam situasi tertentu dan berdasarkan kebijakan kami, mengakhiri atau mengambil tindakan lainnya terhadap account pengguna yang telah melanggar Ketentuan Layanan kami.”

Saya makin mangkel, jelas-jelas komentar-komentar dalam berita Yahoo Indonesia yang berjudul “Disebut ‘Pulau Neraka’ Oleh Majalah Time, Pemprov Bali Meradang (Bagian 1)” penuh komentar cacian terhadap Bali.

Arrghhhh, sialan!!!

Yang paling membuat kecewa saya adalah, ketika salah satu aset atau mesin uang Indonesia di beritakan secara tidak benar, eh malah pihak-pihak yang tidak merasa kecipratan “dollar”nya Bali malah memaki (menyumpahi) habis-habisan Bali dan pribumi Bali.

Melaui media Blog saya ini kemudian saya menuangkan perasaan serta keprihatian saya, semoga pihak-pihak yang menjelekan Bali dengan pemberitaan serta komentar yang tidak benar segera menyadari bahwa yang mereka lakukan tidak benar dan sepatutnya.

Terima kasih,

Posted on 10 April 2011, in Pribadi, Sosial, Umum. Bookmark the permalink. 3 Comments.

  1. Lawan mereka dengan membuktikan bahwa Bali itu indah, Bung..

    Sige said
    Sudah terbukti Gan, tidak ada yang perlu dibuktikan..

  2. Saya juga membacanya tapi kembali berpikir apa memang begitu dengan Kuta :??? saya pikir ini karena fenomena alam saja dan kejadian angin barat ini selalu berulang setiap tahun. Si Andrew Marshall saja yang baru ke Bali dan kebetulan punya link di majalah/koran times.com.
    Untuk yang menghujat itu mungkin tidak tahu kejadian sebenarnya di lapangan karena yang diberitakan kadang sangat tidak sama dengan keadaan yang ada di lapangan.

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

  3. saya baru tau hari ini… semoga gak ada kelanjutan yang tidak kita harapkan ya mas 😦

Leave a Reply

