Selamat datang musim hujan

Musim hujan telah tiba walaupun sedikit terlambat saya kira, namun tetap patut untuk disyukuri karena ini adalah musim yang di tunggu para petani setelah beberapa bulan di penghujung 2009 dilanda kelangkaan air untuk pengairan sawah, ini terjadi di daerah pinggiran Denpasar. Semoga saja dengan adanya air yang melimpah seperti saat ini tidak membuat dampak negatif terhadap lingkungan kita, seperti banjir misalnya.

Beberapa hal yang perlu kita sama-sama waspadai di musim-musim hujan seperti ini adalah terkait dengan kesehatan. Udara lembab kemudian genangan air dimana-mana membuat kita harus extra lebih berhati-hati dengan kembali beberapa penyakit musiman yang seperti flu, pilek, deman dan beberapa penyakit yang disebabkan oleh keberadaan virus.

Virus dengue yang di bawa oleh nyamuk aedes aegypti penyebab sakit demam berdarah patut sama-sama kita waspadai, karena bila sudah di terjangkit penyakit ini maka paling tidak seminggu waktu akan dihabiskan untuk pemulihannya.

Seperti yang dialami bapak saya beberapa bulan yang lalu, dia harus rela menginap kurang lebih seminggu di rumah sakit lantaran terkena penyakit demam berdarah. Walaupun tergigit nyamuk aedes aegypty belum dapat dipastikan di rumah, namun saya sedikit menjadi ketar ketir juga khawatir nyamuk sialan itu bersarang di rumah.

Kekhawatiran semakin menjadi tatkala beberapa tetangga juga mengeluhkan ada anggota keluarganya yang terserang penyakit demam berdarah. Sehingga solusi yang mungkin bisa dilakukan untuk memutus rantai dari penyakit demam berdarah adalah dengan melakukan Fogging.

Sedikit mengecewakan memang, sudah hampir seminggu saya melapor ke kepala lingkungan untuk segera dilakukan fogging dengan berkoordinasi dengan pihak terkait, akan tetapi entah lambatnya informasi itu disampaikan atau mungkin petugas foggingnya yang terlampau banyak pesanan membuat kami menunggu lama untuk dilakukan fogging di rumah dan sekitar pekarangan.

Pagi itu [06.00] mata masih mengantuk ketika suara berisik seperti sepeda motor mulai mengusik tidur saya. Nyoman [adik saya]  membangunkan saya dengan mengatakan akan dilakukan penyemprotan [fogging]. Saya pun bergegas meninggalkan tempat tidur dan segera mencari tempat yang aman yang tidak ada asapnya.

Petugas fogging pun mulai beraksi menyemprotkan asap berwarna putih dengan bau yang tidak asing yakni bau solar. Sesaat areal rumah dipenuhi asap, sambil berharap nyamuk-nyamuk nakal penebar demam berdarah segera mampus.

Setelah menacari tahu tentang apa saja kandungan fogging itu adalah minyak solar dan insektisida [fedona]tentu saja dengan komposisi tertentu. Pantesan saja asap tersebut berbau solar ternyata memang ada minyak solarnya ternyata.

Pasca penyemprotan [fogging] tersebut perasaan was-was akan serangan nyamuk aedes aegypti sedikit berkurang, walaupun ancamannya masih saja ada, apalagi sekarang lagi banter-banternya hujan, yah semoga saja tidak terulang lagi ada keluarga yang terkena penyakit demam berdarah.

Yah ini hanya sekedar cerita mengisi waktu luang dan hanya untuk mengingatkan saja, hehe..semoga kita dijauhkan dari penyakit-penyakit yang berbahaya seperti demam berdarah, mari menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

Selamat musim hujan,

terima kasih.

Advertisements

Posted on 11 January 2010, in Pribadi, Umum. Bookmark the permalink. 6 Comments.

  1. Selamat Tahun Baru dulu bro…
    Selamat berhujan ria
    Banjir di mana-2
    hiks…
    Makasih bro….

    Sige said
    ALow bro Bendol, selamat tahun baru juga..
    hahaa,iya neh basah terus, banjir dan macet jadinya..

    Trims bro

  2. jaga kesehatan dengan makanan bergizi,cukup vitamin dan jangan lupa…olahrasa…eh,olahraga…hehehehe…

    Sige said
    ALow bro Dewa,
    Trims sarannya..
    Jaga kesehatan keluarga juga.

  3. ya betul kita harus hati-hati…
    penyakit banyak bermunculan di musim ini, terutama demam berdarah….

    Sige said
    Alow bro Eka,
    Mari kita waspada terhadap segala kemungkinan yang terjadi pada saat musim hujan.
    Trims

  4. Siap2 kasur empuk buat musim hujan…
    hwehweee…. 🙂

    Lama tak berkunjung…

    Sige said
    Halo Bro tumbern neh,
    Kasur empuuk yah, jangan lupa bantal dan guling musti empuk juga..hehe

    Trims yah

  5. musim hujan enak buat bobokan. tidur jadi nyenyak 😀
    asal ga ketutup salju ama aer ga jadi es gapapa deh, hehe..

    salam

    Sige said
    Halo Phie,
    Musim hujan bobok? wahhhh seru yah..apa lagi ada yang nemenin, aduh bisa gag jadi bobok tuh..hehe.
    Jaga kondisi yah, musim hujan sudah dimulai.

    trims

  6. Tatkala kita menikmati air hujan akan terbesit hidayah dan anugrah luar biasa, semoga kita selalu berbuat yang terbaik bagi alam ini.
    Terima kasih

    Sige said,
    Trims kunjungannya mas Rony, amin semoga kita senantiasa dalam kehendak-Nya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: