Ternyata masih perlu banyak belajar

Kejadian yang sugguh memalukan bagi saya dan mengecewakan ketika kesalahan kecil yang berujung pada kesia-siaan.

Cerita singkatnya begini. Lima bulan yang lalu saya merakit sebuah komputer, spesifikasinya sih tidak high banget tapi cukuplah untuk aktivitas game, browsing internet dan grafis. Nah malapetaka itu terjadi kira-kira jam 8 malam ketika saya menyalakan komputer dan hendak melakukan aktifitas di dunia maya, namun setelah beberapa saat kemudian terdengar suara aneh tidak seperti biasanya dari komputer saya. Mendengar suara itu sejenak saya acuhkan dan saya lanjutkan, beberapa saat kemudian suara itu semakin tidak mengenakan dan saya putuskan untuk mendekati CPU komputer dan mencari sumber dari mana suara itu.

Alangkah terkejutnya saya ketika melihat sebuah kejadian mengenaskan terjadi, nampak ekor cicak berputar-putar di kipas PSU, nah melihat kejadian yang mengenaskan tersebut saya sungguh gembira malah menyumpahi itu cicak,

 “Nah itu lah upahnya kalo suka main-main tidak pada tempatnya”, kurang lebih seperti itu guman saya sambil beranjak mengambil tempat duduk saya dan melanjutkan kembali aktifitas saya.

Beberapa saat kemudian tiba-tiba monitor dan PC padam, tanpa warning sedikitpun. Karena kesal saya biarkan saja komputer itu mati, dan berencana memperbaikinya esok hari.

Keesokan harinya saya coba nyalakan komputer, eh ternyata bisa nyala tanpa ada suara berisik lagi. Tidak lebih dari 15 menit , tiba-tiba PC mati lagi. Arrrgghhhh…sekarang saya benar-benar marah, saya cabut semua kabel yang terhubung ke listrik. Kemudian satu persatu baut saya lepaskan dan saya perhatikan satu persatu komponen-komponen yang terhubung ke motherboard.

“Yahhh….alamakkk..”, ternyata kabel konverter dari PSU ke Harddisk hangus terbakar. “Nah lo, hangus rek..”, saya langsung pucat melihat sambil memandangi kabel itu.

Tidak lama analisanya saya putuskan mengganti PSU dan kabel konektor tersebut, karena asumsi saya PSU lah sumber malapetaka itu. Berselang 30 menit kemudian 2 komponen yang saya curigai tersebut telah terganti dengan yang baru dan ketika coba saya nyalakan komputer, eh tidak ada tanda-tanda kehidupan, kipas PSU berputar namun kipas prosessor tidak sama sekali.

Kembali saya putar otak pas-pasan saya, “ah ndak mungkin rasanya PSUnya yang rusak, padahal baru”, guman saya.

Analisa yang kemudian terjadi adalah listrik yang di alirkan ke motherboard tidak mencukupi, hhmm..sambil saya copot satu persatu komponen yang menempel pada motherboard seperti DVD rom dan harddisk. Saya coba menyalakan PC tanpa kedua komponen tadi dan…”berrrrrrr”,  kipas prosesor berputar dan kecurigaan saya tertuju pada DVD rom dan Harddisk.

Kemudian motherboard saya nyalakan menyertakan DVD rom saja dah alhasil tidak ada masalah, lalu saya memasang harddisk dan ternyata kipas mati dan muncul asap dari konektor PSU dan harddisk.

“Aduhhhhh….”, buru-buru saya matikan komputer tanpa memperhatikan SOP mematikan PC karena telah terjadi acara bakar-bakaran di sana.

Penyesalan selalu datang belakangan dan itu berlaku juga kepada saya. Dan saya harus menelan ludah menerima kenyataan harddisk seagate 80gb saya telah hangus terbakar. Cerita ini tidak berakhir sampai disini, Tuhan menganugrahi rejeki kepada saya dan sebagai rasa penyesalan kemudian saya mengganti harddisk yang terbakar dengan harddisk seagate 250gb rekomendasi dari kawan di kantor [tnx bro utup].

Sejenak segala aktifitas dengan game dan dunia maya pun berlanjut.

Hari jumat yang lalu saya berencana membuat bengkel komputer di garasi dan sabtu kemarin semua hal-hal yang membuat berantakan di garasi sudah saya bersihkan. Saya teringat kalo ‘calon’ saya punya komputer nganggur di rumahnya dan seperti setiap remaja yang masih berpacaran hari sabtu malam merupakan hari raya besar..hehe, saya memutuskan untuk meminjam komputer nganggur itu untuk saya gunakan sebagai bahan praktikum, praktikum jaringan..hehe.

Semua berjalan lancar, acara ngapel mulus hingga pengepakan komputer yang nganggur itu di motor saya tidak ada tanda-tanda masalah.Sesampainya di rumah, seperti kebiasaan yang sudah-sudah, saya tidak pernah bisa tenang bila ada hal yang belum saya tuntaskan. Tanpa pikir panjang saya ambil komputer pinjaman tadi, saya bongkar dan ternyata 2 komponen tidak ada yakni harddisk dan CD romnya. Tidak masalah semua partnya sudah ada kok, saya dengan pede mengamati satu persatu komponennya. Dari motherboard PCchips on board prosesor, sound dan VGAnya hingga PSU tua yang masih lengket disana.

Melihat PSU tua itu saya teringat dengan kejadian kemarin yang menyisakan penyesalan yang mendalam. Saya kemudian mencari-cari PSU yang masih layak di kardus peralatan komputer saya, namun sayang casingnya tidak suport dengan PSU yang baru tersebut, sehingga saya putuskan menggunakan PSU yang lama karena saya pikir sebelum komputer ini nganggur juga tidak ada masalah dengan PSU tua ini.

Kembali saya rangkai komponen-komponen yang belum terpasang dan hingga siap untuk dinyalakan. Setelah semua siap saya kemudian menyalakan komputer, dan tiba-tiba..

“Bluppppp….”waduhh…….”, hik hik..

PSU tua itu telah menyiapkan rencana jahatnya, dengan mengaktifkan mode self destroy dalam hitungan mundur 3 detik..

Tanpa banyak pikir komputer saya biarkan berserakan di meja bedah dan memutuskan memeriksanya besok pagi serta memastikan hanya PSU saja yang rusak.

Keesokan harinya atau pagi tadi, masih belum cuci muka saya ambil komputer dan saya memastikan sekali lagi. Sungguh menyesal sekali ketika saya harus menerima kenyataan pahit, tidak ada tanda-tanda kehidupan di komputer itu selain kipas prosesor berputar yang seakan telah mengiklaskan VGA, keybord dan mouse nya tidak bersama-samanya lagi.

Cerita pahit akhirnya harus di akhiri dengan kembali menorehkan luka..hik hik..

Ternyata masih perlu banyak belajar saya menangani masalah kelistrikan terutama dari PSU apalagi dengan PC yang tergolong sudah berumur dan tentu saja kecerobohan yang saya garis bawahi.

Sekian terima kasih.

Advertisements

Posted on 11 October 2009, in Komputer, Pribadi, TEKNOLOGI. Bookmark the permalink. 6 Comments.

  1. hihihi,,,
    speechless deh buat Bli Nur..
    entah harus salut ama perjuangannya ato gimana ga tau juga ^^
    tapi kayaknya saia tahu sebab musababnya..
    jangan2 cicak yang R.I.P di PSU nya tu yang nyumpahin Bli Nur balik deh..
    hehehe

    Sige said
    Hi Yu,
    Fiuhh apa mau dikata, semua sudah terjadi..yah itu memang sedikit keteledoran yang berbuah fatal..
    Semoga si cicak diterima disisi Nya..hehe

    Thanks Yu

  2. kunjungan perdana
    salam hangat selalu
    mantab

    Sige said
    Hi bro…

    Trims kunjungannya, sgera melucur balik..mantab juga..

    Thanks

  3. blogwalking bozzz…
    boleh tukeran link gak ??
    sy blogger dari sanur… lam kenal yaa…

    http://www.komangwiratma.web.id

  4. wah wah… kali ini berbagi cerita pilu ya blih, turut berduka cita ya (^^)

    Sige said
    Halo Bro Kocu,
    Pengalaman memang beragam banget, yah ini sedikit pengalaman konyol..semoga tidak terulang lagi.

    Trimms

  5. wah… ga jadi mesen komputer deh… syerem…

    Sige said
    Hi Bli,

    Ho ho ho..tenang aja ada garansi kok setiap pembelian…

    Btw ini hanya sedikit saja pengalaman yang bisa saya publish, masih banyak lagi yang lain..haha, khawatirnya calon pelanggan malah kabur semua..hahaha

    Trims

  6. hmmm… nice share bli. memang kita mesti lebih teliti dan mau belajar dari pengalaman. saya juga kadang-kadang mengalami hal ini. tentunya untuk kasus yang berbeda. salam!!

    http://bliyanbelog.blogspot.com

    http://bliyanbayem.blogspot.com

    Sige said
    Allo Bli, bener banyak yang masih harus saya pelajari ternyata..mari saling berbagi saling belajar dari pengalaman yang lain.

    Trima kasih kunjungannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: