Kegagalan berkomunikasi, antara tolol dan oon

Bila dicermati dalam keseharian kita, satu hal yang tidak bisa dilepaskan atau tidak mungkin ditinggalkan adalah berkomunikasi. Bila merujuk kepada Kamus Besar Bahasa Indonesia maka pengertian komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami, ketika mendapat awalan ber- maka komunikasi menjadi kata kerja yang artinya melakukan komunikasi.

Berkomunikasi dapat dilakukan dengan banyak cara, bisa dengan menggunakan bahasa lisan, tulisan maupun tubuh [bahasa tubuh]. Sering kali saya mengamati suatu komunikasi menjadi sangat sulit dikarenakan si pengirim atau pemberi pesan [informasi] tidak mengupayakan cara yang baik dalam penyampaian pesan ataupun informasi kepada orang yang akan menerima pesan tersebut.

Kegagalan berkomunikasi menurut saya adalah ketika pesan yang hendak disampaikan si pemberi pesan tidak dapat dimengerti atau dipahami oleh oleh si penerima pesan tersebut.

Pada tulisan yang sedehana ini saya hendak berbagi  ketika beberapa hari yang lalu saya mengalami suatu kegagalan berkomunikasi dengan bahasa tulisan. Sederhananya, saya sungguh tidak mengerti suatu kata yang hendak disampaikan seorang kawan kepada saya,  sehingga saya bertanya berulang kali dan sungguh sangat konyol.

Saya mengerti sekali mengapa di setiap handphone dan provider telekomukasi menyediakan namanya fasilitas sms, karena dengan menggunakan pesan singkat [sms]  bisa menjadi salah satu cara mengurangi jarak antara orang yang hendak saling berkomunikasi dengan biaya yang murah. Namun walaupun demikian, bukanlah suatu yang baik juga bila menggunakan fasilitas sms tersebut dengan menggunakan singkatan untuk kata-kata yang digunakan sehingga tidak menimbulkan makna sama sekali.

Nah ini sedikit cerita mengenai kegagalan saya dalam berkomunikasi.

Malam itu saya dalam perjalanan pulang kantor ketika ada sms masuk ke HP saya dan terjadilah percakapan melalui sms.

Gus   : Bli’d gimana Dp bju na? Oya tdi d rai puspa na ngak dtenk bli’d bsok ksi tau ktna dya dtenk jm2 ke p.desa 

Saya : Ok Gus, ntr saya ambil duitna di bendahara, saya msh dijln. Ok.

Pertanyaan Gus yang pertama sudah bisa saya mengerti, namun kalimat selanjutnya tidak saya mengerti karena ada kata yang disingkat. Karena masih di jalan kemudian saya katakan OK saja untuk kemudian saya tanyakan lagi. [ kegagalan 1]

Sesudah sampai di rumah kemudian saya meluncur ke rumah Bendahara untuk mengambil uang DP  pembelian baju. Setelah uang DP ada di tangan saya, maka sms berlanjut lagi.

Saya : Gus duitna udh ada,ambil aja krmh.   

Gus   : Bsok tiank cri krumh bli’d yaw?     

 Saya : Ok.

Keesokan harinya, sebelum berangkat kerja saya teringat dengan kalimat dalam sms yang saya tidak mengerti dan mencoba menanyakan lagi.

Saya : oh iya gus, apa maksud sms yg ada d rai,pura desa saya ndak ngerti. Tlalu disingkat. hehe.. 

Gus   : De rai puspa ngak dtenk kmaren ke pura desa. Truz nti suruh dya dtenk jm 2 ke pura desa gt.

Aduh, saya masih tidak mengerti dengan kalimat ini. Saya coba melogikakan apa sebenarnya maksudnya. Akhirnya saya mengerti sedikit, kalo ini ada kaitannya dengan pesan saya sebelumnya kepada Gus dan De Rai untuk mewakili Sekehe Teruna Dwi Tunggal dalam lomba Desa. Namun ada kata yang masih belum saya dapatkan, yaitu kata dtenk. [kegagalan 2]

Saya : Ditenk??? Apa maksudnya gus? 

Gus   : Dtenk ke pura kan mau latihan bwt lomba na.gt.

Hrrr, shit..apa dtenk ini??? saya bener-benar tidak mengerti. Coba saya pikir lagi, apa yah kira-kira. Oh saya dapet, dtenk mungkin dateng atau datang. Iya masuk akal mengapa saya disuruh menghubungi De Rai karena tidak datang ke pura Desa untuk latihan. Untuk memastikan kata itu saya sms lagi.

Saya : Dtenk=dateng???  Gus yah? 

Gus     : Iyaw 

Anjrrooosss, saya ngakak ketawa sendiri dalam perjalanan menuju kantor sambil saya mengingat tentang ketololan komunikasi yang sejak semalam saya lakukan. Saya kemudian berfikir apakah saya yang telalu oon [idiot] sehingga tidak mengerti kata yang sangat sederhana ini, atau si pemberi pesan ini yang tidak bisa membuat saya mengerti dengan bahasanya. Saya coba menurunkan ego saya denga tidak menyalahakan kawan saya itu, saya berfikir mungkin saya yang tidak gaul [update] dengan bahasa dan kata-kata kawan saya tersebut yang masih duduk di bangku SMA.

Kalau saya pikir lagi, akan sangat merugikan bila kemampuan dalam berkomunikasi tidak bagus dalam berbisnis karena tentu akan banyak kerugian yang bisa dihitung. Jangankan berbisnis, kegagalan berkomunikasi dalam keseharian seperti yang saya alami sudah memberikan kerugian yang cukup saya rasakan, rugi waktu, pikiran, uang serta merasa tolol dan oon untuk sebuah kata dtenk.

Sekian terima kasih.

Posted on 2 May 2009, in Pribadi, Umum. Bookmark the permalink. 9 Comments.

  1. huakakakka… pernah tu ngalamin kaya gitu… disms adek… isinya gaya anak sma gitu. setelah berusaha tanya ma tmen2 yg ada disamping… akhirnya menyerah dengan bales “sms nya jgn disingkat singkat gitu, mbok gek ga ngerti” huakakakkakaka

    Sige said
    ALow Gek..
    wekekeeke..berati sempat juga menjadi sikit oon yah gara-gara sms, hehe..

    trims

  2. Hehe..saya jg pernah ngalami sprti itu, parahnya saya justru gk bs ngebedain antara basi dg bisa..pasalnya sama2 disingkat bs. Blm lg hurufny yg bsar kcil..

    Spupu saya: kAg, tTpNX lgSG DpNsN, tKt BS.
    Saya: ok.

    Spanjang jalan saya memikirkn arti sms itu,sampai akhirnya saya nanya langsung ke spupu saya. Ternyata bgni maksudnya: ” kak, titipannya langsung dipanasin, takut basi ”

    waah…saya jadi ktawa sndiri kalo ngingat itu..
    Oh ya, saya andluna.. Salam kenal yah:)
    mau tukaran link gak??

    Sige said
    Hai salam kenal andluna..wakakakaaka…ternyata banyak juga korban sms serba minim..nice nice pengalamannya..

    Oh ya, akan saya tambahkan link ke Blog na Andluna..

    Trims yah

  3. hehehe, jadi ikutan ketawa bacanya 😛 kalau saya punya kebiasaan beda blih, saya sukanya sms itu di maksimalin sampe 160 karakter, kalo kelebihan baru di cari yang bisa disingkat, biar gak rugi gitu 😆

    Tapi jadinya kadang2 suka kesel kalo udah tulis panjang2 terima balasan cuma 2-3 patah kata (pake singkatan pula) 😀 hehehe

    Sige said
    Alow bro Kocu.
    Yah sebenarnya yang normal dan wajar sie begitu bro, jadi karakter yang telah disediakan boo yo dimaanfaatkan, bener biar ndak rugi..hehe.

    Wah ane ada temen kek gitu bro, bener-bener ngeselin nerima balasan smsnya, singkat boleh tapi yang sopan gitu..kesannya kita yang nerima itu sms itu ndak penting-penting banget..iya ini bener-bener ngeselin.

    Trims

  4. Alow pak de….
    mungkin jaman sekarang pingin serba efisien, singkat, minim dsbnya..
    kadang kala memang susah untuk dimengerti…
    orang bilang arus globalisasi…
    tapi untuk urusan business apapun bentuknya, sebaiknya hindari pakai kata2 yang serba disingkat sehingga tidak terjadi misunderstanding dengan partner seperti pak de alami………….
    sms :short message service, artinya pesannya yang singkat tapi jelas, bukan kata2nya yang disingkat…. apa tidak gitu pak de….

    Sige said
    Alo pak Bos, iya antara efisien dan globalisasi memang ada korelasi, semua serba praktis semua pengen cepet hanya sayang inti dari komunikasi terabaikan.
    Jangan kan pake bahasa disingkat kadang dalam berbisnis/bahasa bisnis komunikasi menjadi sedikit susah terutama bila menggunakan bukan bahsa indo.
    Wah sudah sedikit gaul pak bos ney..udah mulai ngerti kepenjangan SMS weekeke

    Trims

  5. huahahahaha…. alo broo saya paling alergi jika patner smsan saya gaya tulisannya spt alien gitu apalagi mengganti abjad dg karakter @,$,!,*,dll. byasanya ABG punya style lbih bnyak para cewek.
    Kalau saya dpt sms gaya spt itu saya balesnya ‘Tolong Gunakan Ejaan Bhs Indonesia Yg Baik dan Benar’, jika dia mau mrubahnya baru saya mo bles smsnya, jika tidak bisa pusing mengartikan n bisa salah tapsir negatip dr si penerima.
    Skarang tdks pt awal th 2000an dimana ada operator telp yg mematok harga berdsar jumlh karakter sms, jdi masi wjar jika smsnya disingkat tp msih gampang dicerna artinya.

    Sige said
    Alow bro..wah ada istilah baru ney..SMS gaya ALIEN..hah? bro Admin tau aja kalo cew pake bahasa begituan..pasti cew nya suka gitu yah lok sms..hehe

    Emang ga mengenakkan menerima sms yang ndak jelas kek gitu, apalagi mengandung content yang bener-bener penting..repot jadinya..

    Ho oh bro ada provider tertentu yang mematok harga dari karakter yang digunakan, btw ini bagus juga..jadi lebih hemat gitu..apalagi pake HP baru, jadi lebih asik mencet keypad nya..wekeke

    Trims

  6. bwakakakakak……. bro klao saya nerima sms kayak gitu ta bales setiap kata di wakili satu hurup biar kapok sekalian, bengong, bengong dah

    Sige said
    ALow Bli..
    Wekeke..bener tuh Bli skali skali perlu tuh, untuk memberikan efek jera gethoo..Aseli dah, paling setelah membaca sms bli maka otak akan hang 10 detik, dan kemudian akan hang untuk kedua kalinya, dan begitu seterusnya..

    Trims

  7. wah kita da tua ya…. hehehehehe jadi ga gaul ginih

    Sige said
    ALow bro..weh ko kita sie??? hahaha…iya kalo gaul iya saya akui sedikit kurang up date ney..

    Bro peken nya di lap komp sudjana ada hari kamis jumat aja..jadi ndak bisa ngeliput ngeliput jepret jepret gitu..coba ampe sabtu..hehe..payahh

    Trims

  8. wah,, sudah dapat persetujuan publikasi dari kedua belah pihak yang terlibat belum?
    betul2 realita lintas generasi ^.^v
    saya sebagai generasi muda jadi malu juga… hehe

    Sige said
    Persetujuan sebelah pihak sudah yu, kelo pihak lainnya sudah saya samarkan identitasnya, jadi tidak akan ada yang dirugikan dalam hal ini.

    Wah istilah baru lagi ney, “realita lintas generasi”, wah makasi dueh jadi nambah pembendaharaan kata.

    Trims bro komentnya.

  9. ha ha ha…gmna ketawa yg keren ya?? wakakaka…:D
    zaman udh beda nur,kyknya kita udh bsa dibilang tua,kurang nyambung ma abg…:D, eka jga pernah hang pas baca sms adik sepupu bukannya irit,malah nelpon biar jelas apa maksudnya,pusing dech…!
    tumben nengok blog nya nur,ternyata tetep up to date ya…!salut dech buat nur…!

    Sige said
    Alow Ka, ternyata banyak banget yang dibikin repot oleh SMS yang bener-bener SMS yah..hehe..

    ADuh Saika emangnya kemana aja sie? sibuk nyari duit yah? hehe..mampir-mampir yah trus, biar semangat ngupdate Bllognya..hayoo ngeBlog Ka…

    trims

Leave a Reply

