Bencana kemanusiaan Israel-Palestina

Mengakhiri tahun 2008 dan menyambut lembaran baru 2009 telah kita lalui dengan kemeriahan, tawa, gembira, kebahagian dan segala sesuatu yang membuat pikiran, hati bahkan batin tersenyum. Pagi ini saya sempatkan membaca detik.com dan kompas.com untuk meng up-date kondisi yang terjadi di Palestina. Hingga di hari ke-11 di tahun 2009 masih saja Israel membombandir Palestina di Gaza. Sudah melebihi 800 nyawa melayang di Palestina, tentunya didominasi korban dari masyarakat sipil. Dan korban ini akan terus berjatuhan karena Israel akan terus menggasak Palestina dengan dalih menggempur Hamas dan para teroris.

Sedikit menilik sejarah pertumpahan darah antara Israel-Palestina, ini sudah semacam dendam warisan yang terus dititipkan secara turun-temurun kepada ahli warisnya. Benih-benih kebencian dan ingin saling menyingkirkan satu sama lain sudah tumbuh, berbunga dan berbuah peperangan yang seakan-akan tidak akan ada habisnya. Bila saya amati dari keberadaan Israel, bangsa yang dipenuhi oleh orang-orang Yahudi telah memproklamirkan dirinya di tanah Palestina, tentunya ini tak terlepas dari peran PBB. Keberadaan Israel yang dianggap sebagai bangsa pendatang di Palestina mendapat gempuran dari negara-negara Timur Tengah seperti Arab. Nah, entah mendapat domplengan dari mana pastinya Amerika, Israel seakan-akan menjadi negara perang dan selalu menang. Sedangkan orang-orang Palestina yang khawatir dengan keselamatan dirinya harus rela mengungsi dari tanah kelahirnya sendiri. Hingga saat ini luka lama antara Israel Palestina seakan tidak pernah mengering  dan selalu berdarah.

Kata perdamaian Israel-Palestina sudah menjadi semacam impian dan angan saja. Seperti lagu perdamaian dunia Imagine John Lennon, bila saya sederhanakan seperti anak seorang petani yang sangat miskin dikampung terpencil yang bodoh bercita-cita menjadi seorang Presiden. Nah seperti itulah kata perdamaian untuk Israel Palestina, bukan sesuatu yang tidak mungkin terjadi, namun kalaupun terjadi maka peluangnya teramat sangat kecil. Akan tetapi bukanlah sesuatu yang mustahil bila Sang Pencipta kehidupan berkenan perdamain terjadi antara Israel-Palestina harus terjadi.

Hingga detik ini militer Israel masih memburu titik-titik penting dari pemerintahan Palestina Hamas dengan bom dari udara, demikian juga militan Palestina masih aktif melontarkan roket-roket ke ISrael. Bila saya mencoba ikut cara berfikir kedua belah pihak yang sedang berperang tersebut, mungkin ‘membunuh adalah opsi terbaik’. Tapi akankah opsi itu hal terbaik baik bagi masyarakat sipil Palestina dan Israel?

Hati rasanya teriris melihat  televisi yang hampir setiap jam menayangkan situasi terkini di areal konfik. Anak-anak menangis ketakutan melihat Ibu atau Bapak nya yang baru saja menggandeng tangannya telah membujur kaku dan bersimbah darah. Ibu-ibu berlarian panik menggendong anak mereka yang sudah tak bernyawa tertimpa reruntuhan bangunan yang menjadi sasaran bom.

the-prayer

Aduh Dewa Ratu, semakin saya membayangkan kondisi korban perang itu membuat jari saya semakin berat untuk melanjutkan menulis. Apa yang harus saya lakukan untuk membantu saudara-saudara saya di Palestina yang menjadi korban? Lama saya berfikir, dan akhirnya hanya dua yang dapat saya lakukan. Pertama saya menulis keprihatinan terhadap Bencana kemanusiaan Israel-Palestina dan kedua membantu dari segi pendanaan untuk medis yang dapat disalurkan via SMS dengan mengetik MERC PEDULI kirim ke 7505.

Bagi kawan-kawan Blogger yang membaca tulisan ini, kira-kira apa yang dapat anda lakukan untuk saudara-saudara yang menjadi korban di Palestina?

Saya mengundang kepedulian anda untuk membantu mengurangi penderitaan yang dialami para korban perang di Palestina. Tidak perduli bagaimana cara anda membantu, apakah dengan menulis atau mengirimkan batuan dana medis via SMS atau ikut menjadi relawan medis ke Palestina, it’s all up to you. Yang penting mari membantu mengurangi penderitaan saudara kita yang menjadi korban BENCANA KEMANUSIAAN ISRAEL-PALESTINA.

Sekian terima kasih.

Advertisements

Posted on 11 January 2009, in Sosial, Umum. Bookmark the permalink. 32 Comments.

  1. Israel memang bengis dan kejam, petugas medis dan kameramen aja ditembak mati walaupun ID dan Kamera si kameramen sudah sangat jelas kelihatan, penduduk sipil dibantai… tidak berimbang korban dikedua belah pihak…

    yang ngenes PBB dan negara tetangga Arabnya Palestina tidak bisa menolong…

    Semoga perang ini cepat berakhir kawan….

    Sige said
    Aduh Dewa Ratu, ini benar-benar suatu bencana kemanusian Bro Admin. Nyawa seakan tidak berharga disana..aduh mengerikan sekali apa yang bro Admin bilang..

    Yuk Bro admin, kita bantu dengan Doa dan sedikit nyumbang melalui Mer-c, format SMS nya ada di atas. Mungkin hanya sedikit yang bisa kita bantu, tapi saya yakin sedikitpun akan sangat berarti bagi korban perang di Palestina.

    Trims

  2. itulah,,, pbb kemana ini..

    cuma negor n ada post baru tuh di blog ane 😆

    Sige said
    PBB?? saya menunggu apa yang bisa dilakukan oleh komunitas yang suka damai ini..

    Segera meluncur Bro

    Trims

  3. Kapan perdamaian dunia bisa terwujud..???
    😦

    Sige said
    Mari sama-sama kita berdoa Bro Bendol, dan jangan lupa titipkan sedikit rejeki kita untuk bencana kemanusiaan ini, format nya ada di atas.

    Semoga perdamaian terwujud di Palestina.

    Trims

  4. Donasi minimal nominal duitnyanya berapa broo…??

    Sige said
    Rincian Tarif SMS Donasi via Mer-c
    Untuk Telkomsel, Indosat, Flexi, Esia, tarif sms adalah Rp 6.600,- sudah termasuk donasi Rp 5.000,- ditambah biaya operator dan PPn. Sementara untuk pengguna XL dan mobile-8 tarif sms adalah Rp 5.000,- sudah termasuk donasi Rp 3.750,- ditambah biaya operator dan PPn.

  5. Save Palestina…! terima Kasih, Bro…!

    Sige said
    Mari Pak, selamatkan sisi kemanusian kita..selamatkan dunia dari kejamnya peperangan..

    Trims..

  6. SEmoga perdamaian itu bisa segera terwujud.
    Karena Perang akan selalu berujung duka dan penderitaan.
    Chanti Bumiku…….

    Sige said
    Semoga semua bisa hidup damai De, benar perang bukan opsi baik untuk memulai perdamaian. Harusnya mereka bisa berunding..semoga saja cepat selesai Bencana kemanusiaan ini De.

    Trims

  7. Ok broo segera diindak lanjuti…

    Bagaimana kalau kita bikin tindakan nyata lain nih, spt jual stiker, kaos, dll tentang palestina & itu dijual broo. nanti hasil donasi dikirim walaupun dpt cuma 100 ribu ga apalah yg penting bertindak nyata….

    Atau ada ide lain..??

    Sige said
    Boleh saja Bro Admin, tapi akan sedikit repot kita. Membantu boleh asalkan kita ndak repot, biar iklas gitu..Yah ide yang bagus, mngkin ada relawan yang mau, semisal item yang dimaksud sudah jadi, saya mau kok membelinya..

    Trims Bro, good idea.

  8. Yang pertama sie ikut berdoa buat saudara saudara kita di Palestina..semoga mereka diberikan kekuatan lahir bathin dalam menghadapi cobaan ini

    Kedua ,insya Allah sie ikut menjadi donasi melalui dua operator..

    Yang ketiga..
    Yuuk kita boikot produk Israel dan Sekutunya..dengan tidak membeli produk mereka..gerakan boikot israel ini sudah berhasil mengacaukan perekonomian mereka loh..
    Jika seluruh dunia bersatu melakukan aksi boikot ini mereka bisa apa?

    Udah saatnya mulai belajar menakut nakuti mereka..

    Thanks for sharing ya bli
    Salam ^^v

    Sige said
    Wah bagus banget tuh Sie, ternyata Sie lebih peka dari pada Sige.
    Opsi yang ketiga sige gag tau caranya? apa aja sie produk nya Israel. Sebutkan satu merek mereka, saya setuju banget..

    Trims Sie

  9. Lengkapnya coba bli liat disini

    http://www.sandibayuperwira.wordpress.com

    Eh iya..
    Blog bli udah nampang diblogroll sassie he he he

    Sige said
    Opsi yang ke tiga saya tidak ikut, karena Bali mau di Boikot juga di fatwa itu., dan beberapa item yang saya pakai sekarang.

    Btw Tnx Sie.

  10. Yup, saya juga bingung produk KELUARAN negara israel yg beredar di Indonesia apa sih…??

    Saya lihat disebuat situs ada daftar produk israel sbb : COCA-COLA, FANTA, FRESH TEA, SUNKIST, SPRITE, NOKIA, MOTOROLA, SIEMENS, BENQ, JHONSON & JHONSON, WALT DISNEY, CARREFOUR, NESTLE, DANCOW, NIDO, MILO, KOKO CRUNCH, TOYS R US, DANONE, NABISCO, MCDONALDS, KENTUCKY FRIED CHICKEN, A&W, SARA LEE, INDOSAT, MENTARI, MATRIX, IM3, IM2, STAR TV, DEWA 19, AQUA, KIWI, ICQ, CBN, CBS, HBO, DPO, EXXON, SONY SDDS, SANEX, AMEX (AMERICAN EXPRESS), BOEING, DAIMLER, CHRYSLER, MERCEDES, VOLKSWAGEN, JAGUAR, DODGE, ALFA ROMEO, GM FORD, CADILLAC, BURGER KING, ARBYS, DOLE, DAYS INN, MALBORO, MERIT, BENSON, L&M, HYATT, MARRIOT, SHERATON, STARBUCKS, MARKS & SPENCER, P&G (PROCTOR & GAMBLE), SUAVE, BRAUMS, WESTELL, AOL (AMERICAN ONLINE), INTEL, MICROSOFT, APPLE COMPUTER, VIACOM, CREATIVE, SOUND BLASTER, HP (HEWLET PACKARD), TORCHE, AMERITRADE, ALCOA, BISSEL, SNAKE ORDERTRUST, AMBI PUR, LEGGS, HOLLYWOOD, PARAMOUNT PICTURE, COLUMBIA PICTURE, STARTREK, LUCIFER, SATURN, WALMART, AT&T, CABLE & WIRELESS, TEXACO, SHELL, LUCENT, VAULT, LOVABLE, WONDERBRA, GOSSARD, PICKWICK, OUTER BANKS, DIM, NUR DIE, HANES, PILAO, PLANTEX, MAISON CAFE, SUPENOR, DONWE EGBENS, CHAMPIONS, CLINIQUE, MAXWELL, PYRAMID, AON, BBB COMPANY, PITTWAY, HUGO BOSS, LEVI’S, WRANGLER, HARLEY DAVIDSON, ARIEL, DANZIGER, BALI, CITGO, CHEVRON, UNOCALL, ARAMIS, ESTEE LAUDER, L’OREAL, KIMBERLEY-CLARKE, KLEENEX, ANDREX, KOTEX, HUGGIES, PAMPERS, DELCO, ORIGINS, TOMMY HILFINGER, DKNY, COMET, REVLON, DE BEERS, CRAIN’S, CLAREMONT, CHICAGO BULLS, ARSENAL FC, BANK OF AMERICA, PBB/UNITED NATIONS, ROTHSCHILD, US DOLLAR, ILLUMINATI, OPUS SUPREMUS, LIONS CLUB, ROTARY CLUB, FREEMASONRY.

    Tetapi kebanyakan itu kan Amerika punya..?? ga tau kalau ownernya keturunan Yahudi atau Israel yg jdi pemegang sahamnya. Bingung Broo…. Gak jadi bazzar di McD ahh… 🙂

    Sige said
    Itu terserah masing-masing individu menyngkapi..saya ga mau ambil pusing mengenai yang opsi boikot-boikotan.

    Nah, bingung kan yang punya tuh produk keturunan apa? hehe..Dan ini sudah lari ke kepentingan tertentu Bro, hati-hati sekali melihat case ini..

    Trims.

  11. selama AS diam, Zionis tetep melakukan agresi….

    Sige said
    ALow Omiyan, selamat datang.
    Hehe…no comment Bro..bikin rame aja AS kalo gitu..hehe..

    trims

  12. yang bisa q lakukan cuman berdoa saja…
    semoga bencana ini segera berakhir…

    Sige said
    Alow saudara-saudara UNHI..salam hangat dari saya, saya mengucapkan selamat datang.

    Iya sangat mulia sekali, semoga doa kita terkabul dan perdamaian segera terwujud

    Trims kunjungannya.

  13. Sore bli..
    Pengen ngelurusin dikit nih..

    Untuk opsi ketiga,sie hanya melihat dari sisi sederhana kok,misalnya nih ya selama ini bisa dibilang sie salah satu konsumen fast food dan softdrink buatan luar..nah beberapa hari ini sie udah menghentikan total kebiasaan itu..
    itu hanya simplenya aja..bukan berarti sie setuju sama semua fatwa itu..

    Masalahnya emang sensitif sekali..

    Jadi pada intinya sie cuma menerapkan hal hal sederhana yang sie mulai dari diri sendiri..

    Maaf ya bli kalau udah bikin bingung he he he..

    Salam ^^v

    Sige said
    Hai Sie, Sige si gag bingung yah.. itu Bro Admin yang bingung..wekeke..
    OK silahkan saja itu kan terserah individu masing-masing mengapresiasikan kepeduliannya..it’s all up to you..

    Btw, ndak ada yang perlu dilurusin.hehe..Mungkin Bro Admin mau dilurusin..wekeke..Guyon sikit.

    Trims Sie atas kepeduliannya terhadap Bencana kemanusian Israel-Palestina.

  14. PBB..
    aiio lakukan sesuatu..
    akh..

    Sige said
    Heheh..PBB (pengamat bangsa-bangsa)

    Iya ney pak Ban Ki-Moon lagi apa yah?

    Sambil nunggu, mari nyumbang sikit yuk Ross..Format na ada di atas.

    Trims yow

  15. Duka PAlestina, duka Kita juga. Indonesia sudah bertekad menghapus penjajahan diatas bumi ini.
    BErdoa dan menjadi donatur bisa kita lakukan saat ini…!

    Sige said
    Allow om Farr…
    Saya sehati, penjajahan hanya membawa sengsara bukan membawa nikmat..
    Sipp, amin smoga doa kita terkabul Om.

    Trims

  16. Semoga cepat berdamai…. kan damai itu indah… 🙂

    Sige said
    Amin. Damai itu memang indah banget Bro..

    Trims

  17. yah, hanya bisa berdoa.. kasian bgt.. banyak yg bilang perang yg ga akan berakhir.. hiks.. 😦

    Sige said
    Hmmm..iya neh Gung kasian banget yah.. 😦

    harapan masih ada kok, walaupun kecil banget..tapi kita berdoa aja, semoga damai segera bumi ini.

    Trims yah.

  18. Kawaii Ayu sampai meneteskan air mata ketika melihat korban2 di palestina yang tidak berdosa dari TV….kawaii ayu sampai berfikir kalo pemerintah israel itu memang tidak punya hati nurani……
    Yerusalem adalah tempat suci yang dijanjikan Tuhan untuk umatnya (Yahudi,Nasrani,Islam)dan tempat yang penuh dengan kedamaian tapi sekarang menjadi tempat yang penuh dengan kekerasan……
    Kawaii ayu selalu berdoa agar konflik ini bisa berakhir karena damai itu indah…..

    Sige said
    Aduh memang perang itu nggak manusiawi Ayu, saya ampe gag berani nonton TV karena kadang suka kepikiran..

    He eh, seharusnya muara dari religi dunia di Palestina harusnya damai, tapi kenapa yah bisa gitu? mungkin perlu “mecaru” besar-besaran disana..

    Mari berdoa sama-sama, kalo ada sedikit dana nyumbang aza via SMS ke Merc Yu, format ada di atas..

    Trims yah.

  19. Terima kasih untuk kepeduliannya pada Palestina. Yang bisa kita lakukan sebegai negara tetangga yg baik adalah membantu dengan menjadi donatur dan berdoa untuk perdamaian di bumi ini, khususnya Palestina.
    Saya sangat menyayangkan dengan PBB yg tidak mengambil sikap mengenai hal ini. apa gunanay didirikan PBB klo di dunia ini masih ada yang namanya permusuhan????????
    Semoga segara ada perdamaian di bumi Israel…………….

    Sige said
    Trima kasih sudah mampir Yeiko, iya terima kasih juga atas kepeduliannya terhadap Bencana kemanusiaan ini.
    Mungkin saja PBB sedang menyiapkan cara terbaik untuk perdamain Israel-Palestina, tapi jangan kelamaan donk..nyawa udah terlalu banyak melayang tuh..hik.hik..
    Amin, semoga segera peperangan ini.

    Trims yah

  20. udah coba nyumbang, tapi GAK BISA..!!

    ternyata oh ternyata,
    aku gak ada pulsa.
    sumbangin pulsa ke aku aja dong.
    hhe*

    Sige said
    Yaelah…..
    Berdoa aja yah…smoga ada pulsa yang masuk..loh kok..

    hehe
    trims

  21. cuma negor n ada post baru di blog ane

    post terbaru nya sangat bagus, song for gaza

    Sige said
    Wahhh..cooll, segera meluncur.
    Song for gaza yah..gag sabar ngebacanya..
    Trims

  22. Prihatin sekali saat melihat liputan korban di Palestina, terlebih korban sipil apalagi anak-anak, mereka yang tidak mengerti alasan perang sudah harus menjadi korbannya. Mudah-mudahan kedamaian bisa segera diwujudkan antara Israel-Palestina.

    O iya, aku jg barusan ikutan sms merc nya, trims ya udah share infonya, aku baru tau tuh.

    Sige said
    Halo bro Kocu, selamat datang..
    Iya, memang benar sekali yang bro bilang..Semoga perdamain segera terwujud di bumi ini.

    Wah..terima kasih sumbangannya, semoga benar-benar bisa membantu…

    Trims

  23. Ikut prihatin,,, cman bs bantu lewat do’a doanx,,, 🙂

    Sige said
    Selamat datang bro Fandi,

    Tidak apa-apa doa pun sungguh budiman, leh tau isi doanya? hehe..becanda..

    Semoga perdamain di Bumi ini segera terwujud.

    trims

  24. Untuk kedua kali aku berharap semoga penderitaan orang palestina segera berakhir dan perdamaian itu segera datang 🙂

    Sige said
    Mari bro sama-sama kita berdoa, pasti beliau akan mengabulkan, cuma nunggu approval aja kira2 doa kita tulus gag, trus kira2 orang-orang disono no mau tobat ga..
    Semoga aja Bro..amin..

    Trims

  25. Sy selalu berdoa buat kedamaian dunia,khususnya palestina
    Amien…..

    Sige said
    Saya berdoa juga, tapi ndak selalu..
    hehe.
    Semoga doa kita terkabul..and peace come true

    Trims sudah berkunjung

  26. Perang yah…? Trus klo disana yang perang kita bisa yah boikot disini? Klo yang perang disini? Tuh sodara kita ada yg tenggelam di NTB tuh, yang deket2 aja dulu, ga usah ngurusin dunia. Israel masih jauh wekeke…

    Sige said
    Tuh sodara kita ada yg tenggelam di NTB tuh, yang deket2 aja dulu, ga usah ngurusin dunia. Israel masih jauh wekeke…

    Kutipan di atas ga bagus buat kesehatan..hehe..karena arti bahasanya tidak mencirikan seorang yang peduli dengan sesama.

    Bagaimanapun apresiasi kita terhadap kepedulian terhadap sesama is all up to you broda and sista.

    Kira-kira kongkrit aja ney, apa yang Bli tawarin untuk menolong saudara kita di NTB? saya pribadi siap, selama cara nya jelas dan bisa saya lakukan.

    Ditunggu secepatnya!

    Trims.

  27. perang melulu, ga bosen2 ya…, apa itu semacam hobi ato gmna, dr dl ada perang salib apa itu msh bersambung kyk film aja…mending hobi jln2 aja mumpung pya byk pesawat ato berkebun biar daerah sna jd hijau sapa tau dgn kemajuan teknologi daerah gurun bisa disulap jd hijau kemudian hadirlah kesejukan yg bsa bikin pikiran jd tenang, ga tegang lg kyk skr, he..he.. jd nglantur

    ya eka cma bsa berdoa aja biar perang cepet udahan dech…slain itu biar bencana di Indonesia ga terjadi lg n korban kapal tenggelam cepet ditemukan…

    ga ada kata2 lg smoga dunia ini shanti,damai or peace ..ok pak

    Sige said
    Hmmm..Halo Ka, bener kali yang Ka bilang, coba dana untuk berperang di alih kan untuk rehabilitasi kerusakan alam dan mulai merekontruksi lingkungan yang telah rusak karena perilaku manusia, atau dananya di pake buat jalan-jalan aja itu juga opsi bagus untuk menghindari perang..hmmmm

    Amin, semoga doa kita semua terkabul Ka yah..

    Rahayu..Shanti..dunia ku.

    Trims Ka

  28. hiks… ini bukan cuman masalah palestina ajah… masalahnya lebih besar dari itu… kenapa sih kita ga bisa belajar hidup berdampingan saling sayang dan saling kasih. Belajar menerima perbedaan yg lain…

    Kapan ya dunia bisa bebas dari yg namanya perang….

    Satu hal yang penting banget kita lakuin, selain berdonasi untuk palestina tentunya… mari kita semua belajar saling mengasihi…

    Semoga damai di hati, damai di dunia, damai untuk selamanya….

    Om Shanti Shanti Shanti Om

    Sige said
    Benar Gek, bencana kemanusiaan ini bukan masalah yang kecil. Saya sehati kalau kita harus saling mengasihi.

    Stop war.

    Amin, smoga damai selalu.
    Rahayu.

  29. wah, dah banyak komen gw diataas

    cuma pengen negor n ada post baru di blog ane

    Sige said

    Thanks bro commentnya, heh? ada info baru? segera meluncur..

    Trims yah

  30. T_T ikut sedih klo liat korban2nya….ampe anak2 kecil yg ga berdosa ikut jd korban…

    Ya Tuhan,,,semoga semua cepat berakhir…

    amien..

    Sige said
    Hik..hik…iya NIken, memang ini bencana kemanusiaan. Mari bantu saudara kita yang kena bencana.

    Amin, semoga segera usai peperangan di muka bumi ini.

    Trims yah.

  31. SWASTIASTU………..

    ya begini lah manusia jaman sekarang gak mau ada yang mengalah demi kebaikan…………..
    klao terus perang,kapan yaaaaaaaaaaa bisa memperhatikan RAKYATNYA ????????????????

    mudah2an perang ini cepat berakhirrrrrrrrrrrrrrr…..
    haaaaaaaaaaiiiiiiiiiiiii nak bali the MILU – MILU NAH………….!!!!
    BALI iraga kan cinta damai………………..yup.

    om santhi3 om.

    Sige said
    Om Suastiastu,

    Iya bener sekali yang Bro ajus katakan, kapan men pemerintah disono bisa ngurusin rakyat kalo bosse perang mulu.

    Nah nah, setuju STOP milu-milu tuwung..Nak Bali sube kadung biasa milu-milu tuwung, ngadep tanah waris, free sex, budaya kebarat-baratan..Pokokne STOP milu-milu tuwung..

    Trims bro JUn

    Om Canti,Canti,Canti Om

  32. wallahi….lemahnya israel bagaikan rumah laba-laba, yg dengan mudah kita menghancurkannya. save palestina..!! wallahi billahi kejam \nya israel…..sumpah kalau kita diam atas semua ini, maka tak ada bedanya kita ama hewan yg paling hina diantara hewan yang lainnya, dan bahkan lebih hina…g masuk akal tindakan israel terhadap palestina.
    kami juga nulis artikel tentang palestina. judulnya “aku anak palestina” dan “The Boy in the Striped Pyjamas” liat aja di sini lngng klik aja
    http://masamudamasakritis.wordpress.com/
    jgn lupa tinggalkan komentar juga ya…!!

    Sige said

    Halo terima kasih kunjungannya, saya akan balik mengunjungi anda.
    Dengan kejadian yang tersebut membuat kita semakin prihatin dan peduli terhadap sesama, semoga saja kita bisa saling menyayangi satu sama lainnya, walaupun berbeda warna kulit, berbeda adat budaya, berbeda keyakinan karena sesungguhnya perbedaan itulah keindahan, tak ubahnya seperti pelangi.

    Salam kenal,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: