“Megibung” menyambut tahun baru 2009 St. Dwi Tunggal

Selamat tahun baru 2009 untuk semua penghuni dunia maya khususnya Blogger seantero Bali dan Indonesia. Semoga di tahun yang baru selalu ada pengalaman yang baru untuk kita tulis.

Akhirnya saya dapat bernafas lega setelah beberapa hari kepala dan pikiran saya dipenuhi oleh persiapan acara untuk menyambut tahun baru 2009. Semalam acara telah berlangsung sesuai harapan dan berikut penggalan ceritanya yang masih segar diingatan saya.

The night before

Rasanya seperti demam panggung saja bila menantikan event yang akan dilaksanakan esok hari di banjar dalam rangka menyambut tahun baru 2009. Malam ituΒ  tanggal 30 Desember 2008, jam dinding telah menunjukkan pukul 7 WIM (Waktu Indonesia bag. Molor) saya sudah meluncur ke banjar lengkap dengan perlengkapan. Setibanya di banjar eh ternyata tidak ada satupun batang hidung yang muncul, hingga pukul hampir 7.30 baru kemudian ada beberapa kawan yang muncul, itupun HP saya tidak berhenti bunyi karena menerima SMS kawan-kawan memastikan kita ngumpul di banjar malam itu. Bisa dimaklumi sih, karena suasana sedikit gerimis jadi mereka harus menyakinkan dirinya 101% untuk datang ke banjar..hehe. Setelah kita menyiapkan segala sesuatunya, termasuk memindahkan dapur panggang dan memasang tenda terpal untuk mengantisipasi hujan esok hari, absensi pun pengurus lakukan. Dan ternyata 30an anggota bisa hadir..Wow..lumayan banyak yang bisa hadir, bila dibandingkan dengan bayangan saya semula.

11-selamat-tahun-baru

Kedonganan berseri
Tidur jadi kurang nyenyak kalo pagi-pagi harus ke pasar kedonganan mengambil pesanan ikan segar. Jam 6 pagi beberapa SMS saya meluncur membangunkan anggota yang bakal saya ajak ke pasar. Alhasil 4 orang tekumpul dan kami siap berangkat meluncur ke tempat temen di kedonganan yang janji nganter saya ke pasar (thanks bror Kongek, red.) Sungguh sangat ramai di pasar pagi itu. Aroma amis bercampur dengan dingin pagi memberikan suasana pasar yang bener-bener unik. Tawar punya tawar 13 kilo ikan jungki pun terbeli, dengan harapan semoga ikannya cukup untuk anggota ST Dwi Tunggal yang akan hadir pada acara nanti malam.

12pagi-di-kedonganan

Magibung menyambut tahun baru 2009

Seingat saya anggota yang mengikuti acara malam ini harus sudah berkumpul jam 5.30 sore, weleh jam 6 aja masih belum ada yang nongol. Syukurlah segera ada yang datang walaupun masih satu dua, segera kami menyiapkan sound system yang kami pinjam dari salah satu anggota ST Dwi Tunggal (thanks Yan Su, red.). Tanpa dinyana, seorang yang kurang saya begitu kenal datang dan menyalami kami yang ada di banjar sore itu. Setelah ngobrol, eh ternyata beliau adalah salah satu Caleg partai warna kuning dari Banjar sebelah. Setelah sedikit basa-basi, beliau menitipkan amplop berisi uang untuk sekedar membantu kegiatan yang kami lakukan (thanks Pak Man Budayasa Br. Beluran, red.).

Semakin sore semakin banyak anggota yang datang, setelah jam dinding menunjukan pukul 7, acara manggang, membuat base/bumbu dan berbagi sayur meliputi plecing kangkung pun dilakukan. Walaupun sudah saya persiapkan segala sesuatunya, ternyata masih ada saja yang harus di beli. Syukurlah anak-anak ST Dwi Tunggal cepat tanggap ketika saya suruh-suruh. Hmmm..aroma wangi ikan bakar mulai menggaruk perut, wah jadi gag sabar untuk makan. Dengan jumlah ikan 42 ekor dengan 5 alat panggang ternyata memerlukan waktu kurang lebih 2.5 jam. Anak-anak sangat antusias memanggang ikan, kerena mereka sudah ditemani sebotol bir (kasian panas-panas kena asep, red).

13bakar-ikan

Cewe-cewe pun sangat brisik, gosip-gosip, ketawa-ketiwi merupakan ciri khasnya..hehe.seneng banget kalo denger mereka ngerumpi sambil sibuk menyiapkan bumbu dan plecing. Sesekali saya godain mereka..hehe..bukan apa-apa loh, biar mereka lebih semangat aja. Maklumlah kalau cewe dibilang cantik atau manis atau penampilannya bagus, mereka suka lebih bersemangat bekerja..wakakaka..

14pecel-pedes

Sempat kami di kunjungi oleh Bapak Lurah Kerobokan Kaja, berserta Bapak Ketua LPM dan instansi yang melakukan patroli keamanan. Beliau-beliau sangat apresiatif terhadap kegiatan yang kami lakukan. Tak berselang beberapa lama setelah Pak Lurah beserta rombongan meninggalkan kami, kemudian kami dikunjungi oleh salah satu Caleg dari partai Pak Presiden dan setelah basa-basi sebentar, beliau juga menitipkan amplop untuk kami (thanks Pak Gusti Rai, red).

Kurang lebih jam 9.30 malam, semua telah tersaji. Nasi sudah disiapkan untuk porsi 5 orang lengkap dengan sayur, sambal matah, sayur plecing, kol dan kemangi untuk setiap ‘Jojolan’. Satu ‘Jojolan’ akan disantap oleh 5 orang, jadi telah disediakan kurang lebih 10 ‘Jojolan’. Setelah semua anggota mendapat pos ‘Jojolan’ masing-masing, saya sedikit menjelaskan kepada anggota tentang tata cara megibung dan memimpin doa sebelum makan. Dan selanjutnya acara megibung pun dilakukan. Sungguh pemandangan yang luar biasa, setelah sibuk-sibuk menyiapkan segala sesuatunya kemudian kita bisa makan dengan tertib dan rapih, seakan-akan saya melihat watak orang Bali sesungguhnya, tidak bisa saya gambarkan perasaan saya saat itu.

15bmegibbung

Setelah menyelesaikan acara megibung kurang lebih jam 11, maka acara selanjutnya adalah detik menanti pergantian tahun. Sudah ada beberapa game yang telah pengurus siapkan buat mengisi jeda waktu tersebut. Balon kejutan, itulah nama game yang telah disiapkan. Aturan main sangat sederhana, anggota duduk melingkar, balon akan di putar kesemua anggota pada saat musik dimainkan. Nah, ketika musik mengalun, balon harus terus di putar dengan syarat balon tidak boleh terlepas dari tangan anggota yang akan menerima ataupun menyerahkan balon keanggota lain. Pada saat musik dihentikan tanpa sepengetahuan anggota atau balon terlepas dari tangan anggota, maka anggota yang memegang balon saat musik berhenti atau balon terlepas maka akan dikenakan hukuman yang terdapat pada secarik kertas yang telah dimasukkan ke dalam balon. Dan bagi dua orang anggota lain baik kiri maupun kanan dari si anggota yang melakukan kesalahan akan terkena hukuman juga..hehe..sangat riuh acara game malam itu, hingga akhirnya dihentikan saat jam menunjukkan pukul 11.50.

16totaly-game

Menunggu detik-detik pergantian tahun saya mengajak semua anggota untuk merenung dengan sebatang lilin di hadapan masing-masing. Tidak lupa juga terompet dan kembang api disamping masing-masing anggota. Sejenak suasana hening, dan alunan musik white lion ‘when children cry’ membuat suasana renungan makin khusuk. Kembali saya ingatkan anggota dengan kegiatan-kegiatan yang sudah dilakukan setahun kemarin dan keseluruhan saya melihat wajah anggota manggut-manggut ketika saya bercerita. Sungguh suasana yang sangat berbeda dengan sebelumnya. Dan saya akhiri renungan dengan doa serta harapan setahun mendatang di 2009.

17renungan

Setelah acara renungan, hitungan mundur pun dilakukan. 5…4…3…2…1 HAPPY NEW YEAR 2009..Preettt..pretttt.pretttt..suara terompet di tiup sekeras-kerasnya tak lupa kembang api mendampingi. Kembali suasana ramai melebihi pasar. Dan acara malam tahun baru kami tutup dengan suka cita menyambut detik pertama di 2009.

181201am-2009

Akhir kata kami saya dan segenap Sekehe Teruna Dwi Tunggal Br. gadon mengucapkan SELAMAT TAHUN BARU 2009.

Sekian terima kasih.

Advertisements

Posted on 1 January 2009, in Budaya, Sosial, Umum. Bookmark the permalink. 16 Comments.

  1. HAPPY NEW YEAR 2009
    ===================

    Sige said

    HAPPY NEW YEAR 2009 too

    Trims

  2. wuihhhhh, mantap bli,met tahun baru 2009, kompak banget Stnya????wah asik tu, st tiang kayaknya gak bisa kompak githu bli, orang ketuanya aja sibuk ngeblog ,heheheheh πŸ˜€

    Sige said
    Alow De, hahaha..cuma gradag gruduk aja De..daripada dijalan mabuk-mabukan trus mengurangi resiko mending di Banjar aja, itu pun permintaan anak-anak ST. Oh iya De parta dari banjar apa? Nama ST nya apa? mungkin kita bisa share mengenai Sekehe Teruna, kebetulan ada kawan yang jadi ketua ST Dharmakerti (bro Dona)
    Nanti kita share permasalahan yang dihadapi ST di Bali, will be great De..Btw De Parta ketua ST yah? wah pak ketu ampunn…hehe

    Suksma.

  3. Mas Sige, Megibung itu artinya “menyambut” ya?
    Wah … tapi curang ya mas Sige, lha itu masakannya bikin ngiler tapi gak ngajak2…ha..ha..

    SELAMAT TAHUN BARU. SEMOGA SUKSES MENYERTAIMU, MAS SIGE. Salam hangat. πŸ˜€

    Sige said
    Hola Pak Hej..

    BUkan pak Hej, megibung itu semacam tata cara makan yang khas dimana makanan dimakan secara beramai-ramai dengan tertib, megibung termasuk salah budaya Bali timur Karangasem.

    Haha, coba Pak Hej ada di Bali pas malam tahun baru, saya pasti undang untuk ikut serta deh.

    Oh iya sama-sama pak Hej, met tahun baru 2009.

    Trims

  4. What’ up broo…? Permasalahan Sekehe Teruna saat ini emang seabrek, saya juga pusing harus bagaimana??

    Wah acaranya sukses nih, slamat broo…. Weleh menyelam sambil dapat Amplop dr caleg nih? Lumayan bat balik modal Be Jangkinya nih, hehehehe…..

    Sige said
    Suksma Bro Admin, berkat doa kita bersama akhirnya sukses juga..hehe..Saya sebenarnya gag ada kepikiran bakal dapat sumbangan dari caleg, makanya kita buat stiker segala. Syukur banget masih ada Caleg yang peduli ma kegiatan sekehe teruna,insyaaloh kita pun akan peduli dengan Caleg yang peduli dengan keberadaan Sekehe Teruna

    Lok balik modal buat ikan nya udah dari stiker Bro, untuk balik yang lain-lain, bisa dikatakan ‘nyapih’..hehe..

    Hayo lanjut lagi kegiatan ST nya, kami ntr malam mo sembahyangan dalam rangka Sarasvati Day.

    Suksma.

  5. hwaaa…. rame acaranya.. selamat tahun baru πŸ˜‰

    Sige said
    Alow..phit.
    Iya Phit, acaranya ramai banget. Ada kurang lebih 52 orang, 13an Kilo ikan bakar,plecing, sambal matah dan lain sebagainya..Hehe

    Selamat tahun baru juga buat Pipit..

    Trims

  6. Akemashite Omedetou Gozaimasu – Selamat Tahun Baru buat Sige ya……Semoga di tahun yang baru ini membawa berkah, amin….

    Sige said
    Swasti wanti warsa-Selamat pergantian tahun/tahun baru Ayu..Semoga tahun depan semuanya menjadi lebih baik..amin

    Trims Ayu

  7. Selamat tahun baru 2009

    Sige said
    Selamat tahun baru 2009 mba Tiya

    Trims

  8. Selamat Tahun Baru Mas.
    Waduh…acaranya seru ya….
    Jadi pengen deh….
    πŸ™‚

    Sige said
    Selamat tahun baru juga Bro bendol,
    Yup acaranya bisa dibilang seru banget, jadi gag sabar nunggu akhir tahun lagi.hehe
    Lok mau maen ke Bali akhir tahun, info2 aja. Ntr kita ‘megibung’ deh.

    Trims

  9. Mmmmmmm……….yummy….mau donk ikannya he..he..

    Sige said
    Halo Jun, happy new year 2009.

    Yup, ikan bakarnya makjuss..pa lage ada cewe-cewe cakep..tambah kenyeng deh…

    Trims

  10. “Preettt..pretttt.pretttt..suara terompet di tiup sekeras-kerasnya”…suara terompetnya kok gitu, kaya suara kentut aje..wakakakakak…

    Tapi acaranya bener2 keren bro..
    Happy new year 2009

    Sige said
    Kalo menurut bro Dewa suara yang bagus bagaimana yah???hehe

    Iya seru banget emang, bro sie gag mampir. Met tahun baru 2009 juga.

    trims.

  11. Selamet Tahun Baru Bro

    Semoga lekas ketemu jodoh trus nikah klo bisa tahun ini, klo bisa lagi bulan ini, tapi saya niatin semoga minggu ini hehehe…

    Sige said
    Yo sama-sama coy,

    Waduh kenceng banget niatnya, btw terima kasih doanya. Amin segera ngeLEKAS bli..wekeke.

    Suksma

  12. Kalau nikah inget ngundang broo…

    Sige said
    wataoo, yang nikah sapa coy…wakaka..okok. jangan lupa angpao nya..

    Trims

  13. he… bli nur SELAMAT TAHUN BARU YA.. oh ya adikny yang mana tuh kok gak ada? πŸ™‚

    Sige said
    Alow Bro Dewa,
    Selamat tahun baru juga yah..
    Ada tuh, di foto terakhir yang lagi niup serompret…emang napa nanya-nanya adik w? haah?

    Trims

  14. he..berarti bener dong filing ku.. itu adiknya bli.. he… cuannnnntikkkkk .. kapan-kapan kita kumpul-kumpul di rumah bli yuk.. giliran sklian .. he.. πŸ™‚

    Sige said
    Beh yen sube ce..jeg kuat feel ne..wekekee
    OK ok jumat ini aja kalo mau, kita massage-massage an..

    Trims

  15. Wah… wah… megibung yang menyenangkan. Btw, eh, megibungnya kok masih pake piring [ingke] lagi? Enakan langsung nyocol dari nampan besarnya tuh… πŸ™‚

    Sige said
    Seharusnya sie gag pake ingko sgala Bli, cuma saya pengin biar keliatan sedkit rapi dan bersih tanpa mengurangi maknanya.

    Sangat berkesan Bli Wir, Selamat tahun baru yah 2009..sikit telat..hehe

    Trims

  16. wuih…seru bgt acrna…pengen deh ST di bnjr rsl kompak kaya gtu….
    bentar lg ada bazzar di banjar, moga ja teruna teruni yg jarang datang bisa aktif lagi n kompak, kaya ST dwi tunggal
    btw….knur ga mo melali ke bazzar di banjar rsl ne???hehe

    Sige said
    Wuihhh..ada tamu nak jegeg ney…selamat datang cal..
    Oh iya dong, sapa dulu kapitan nya..wekeke
    Iya semoga aja sekehe teruna di tempatnya Cal bisa aktif juga…
    Bazzar???? ok bawain kerumah yah…pasti knur beli dah…

    Trims yah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: