Persiapan menyambut tahun baru 2009 St. Dwi Tunggal

Malam itu tanggal 23 September 2008 pada acara rapat bulanan ST Dwi Tunggal (Br. Gadon, Kerobokan) telah bersepakat dengan musyawarah mufakat untuk mengadakan acara akhir tahun berupa kegiatan makan malam bersama. Adapun yang unik dalam acara makan malam tersebut adalah tata cara makan mengikuti salah satu budaya Bali yang terkenal di bagian Timur Bali tepatnya di Karangasem yaitu megibung. Namun untuk menghasilkan suatu kata sepakat memang ada sedikit diskusi yang cukup menyita pikiran dan tenaga, namun itu semua memberikan kami motivasi untuk bisa menerima pendapat kawan yang lain.

Perdebatan pada malam itu sedikit berkutat pada rencana yang pengurus ajukan kepada anggota yakni pembuatan Stiker sebagai dana tambahan. Disini ada satu dua anggota yang kurang setuju dikarenakan baru saja kita mengadakan bazzar dan tentunya tidak perlu lagi kita menjual stiker untuk mencari dana tambahan. Namun setelah saya berikan penjelasan perihal mengapa stiker itu perlu dibuat, akhirnya semua anggota setuju dan walaupun ada beberapa yang berat hati menerima keputusan rapat.

Setelah saya desain dan cetak stiker tersebut, ternyata antusias dari anggota lumayan besar untuk menambah jatah dari yang seharusnya mereka dapatkan. Dengan penuh pengertian, mereka pun harus mau mengerti bawasannya stiker hanya kita buat terbatas. Dari sisi ekonominya, stiker seharga Rp. 500,- dijual dengan harga Rp. 1000,- total anggota 50 orang dan per orang mendapatkan 12 biji stiker. Sehingga hitung punya hitung keuntungan bersih kita dapatkan sebesar Rp. 300.000,-. Yah lumayan untuk menutupi biaya ikan untuk dipanggang.

Dan pagi ini hari minggu tanggal 28 Desember 2008, kami ST Dwi TUnggal mengadakan acara kerja bakti di banjar, untuk mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan pada saat acara tanggal 31. Memang saya akui tidak ada bedanya antara persiapan acara bazar, tour dan acara akhir tahun ini. Segala sesuatu yang bersifat perencanaan dan management saya yang menyusun,mengatur sendiri dan pengerjaan saya serahkan sepenuhnya pada anggota yang saya tunjuk. Terkadang berat saya akui, namun saya suka. Saya mencoba membayangkan seperti apa acara tersebut, kemudian menuliskan satu persatu alat bahan, susunan acara kedalam secarik kertas. Nah setelah konsep awal saya punya, baru kemudian saya diskusikan dengan pengurus, bila tidak begitu akan terlalu banyak usulan dan akan terjadi penyimpangan dari tujuan semula.

Sedikit cerita dari acara kerja bakti pagi ini, dimana tampak wajah wajah anggota yang berseri-seri dan tak pernah putusnya guyonan-guyonan khas anak muda desa, yang membuat perut sampai sakit tertawa. Berikut beberapa gambar yang sempat saya abadikan pada saat kerja bakti.

1

21

Aroma bawang digoreng pun tercium, seketika itu juga lapar mengundang. Untuk urusan dapur memang saya serahkan kepada yang cewek-cewek. Karena ketidaktahuan saya mereka sedang memasak apa, saya pikir bakal membuat nasi goreng..hehe..ternyata cuman menggoreng bawang untuk persiapan nanti.

Bila sedikit mengintip masa lalu, dahulu kala memang sempat terjadi semacam perpecahan antara pemuda tempekan kangin dan tempekan kauh karena masalah uang, dan turun temurun rasa ketidakpercayaan itu selalu diwariskan oleh pemuda yang senior kepada adik-adiknya.

Namun beribu syukur semenjak kepengurusan saya, semua bibit-bibit yang mengarah keperpecahan sudah di bumi hanguskan, sehingga yang tersisa hanya rasa kebersamaan dan solidaritas antara sesama anggota Sekehe Teruna.

Melihat anggota cowok sudah dehidrasi, tanpa saya suruh ternyata anggota cewek begitu tanggap. Segelas minuman dingin berasa jeruk segera menghampiri setiap anggota cowok yang bermandikan peluh. Hanya sayang saya tidak bisa menikmati dinginnya es karena titipan virus oleh kawan yang berjanggit di tenggorokan saya..hehe.

3

4

Akhirnya setelah hampir 5 jam kami berkutat di banjar,segala sesuatu telah rampung. Tinggal menanti tanggal 31 untuk perayaan puncak. Semoga tidak ada halangan yang berarti dalam pelaksaan acara tersebut, karena niatan dan tujuan kami melaksanakan perayaan malam pergantian tahun bukanlah untuk berfoya-foya, namun sebuah kontemplasi akhir tahun untuk mempererat rasa kekeluargaan sebagai upaya mengAJEGkan BALI yang kita cintai.

5

Selamat menyambut tahun baru 2009, terima kasih

ST Dwi Tunggal, Br. Gadon.

Advertisements

Posted on 28 December 2008, in Budaya, Sosial, Umum. Bookmark the permalink. 11 Comments.

  1. Mantap acaranya broo, semoga diikuti oleh organisasi pemuda lainnya, semoga acaranya berjalan lancar…. Tp kayaknya malam tau baru besok akan Hujan broo, hehehe… 🙂

    Sige said
    Trims motivasinya bro admin, kita berusaha deh sebaik-baiknya..

    Nah itu dia, semoga aja gag ujan. Tapi lok ujan juga gpp, kan masih ada plan B. Btw tnx udah diingatkan..

    Hayoo Bro, ditunggu berita dari St. Dharmakerti

    Trims

  2. Berita dari St. Dharmakerti masih tiarap, alias tidak ada kegiatan bat malam tahun baru besok. Kita2 bikin acara masing2 broo… Besok jikalau keliling2 malam taun baru numpang mampir donk broo icip2 ikan bakarnya, hehehe….

    Oh ya saya jg sudah sempat lihat stikernya, ok juga tuh. pakai Vinil ya stikernya jadi bisa nekan harga produksi & jual jd Rp. 1000,- ..??

    Sige said
    Tiarap kek mo perang aja Bro..hehe.

    Oh iya, kalo sempet lewat trus mampir aja, kita pasti jamu..tapi kanggoang ala kadarnya..mampir aja Bro Admin.

    Stikerna itu diperuntukan untuk indor, mengenai bahan nya saya kurang tau. Yah gitu deh, murah meriah dan murahan. Beberapa kali kena ujan warna nya menjadi luntur.hehehe..yah biar ada aja bro..

    Trims.

  3. Haii..
    Akhirnyaaa
    Bisa juga menjejakkan langkah diblog ini.. Abisnya bli Sige beberapa kali mampir diblog sassi gak ninggalin jejak yang bisa sie telusuri, lupa atau sengaja nih? He he..

    Untung nemu diblognya Sarah trus sie ikutin nyampe juga dimari xixi..

    Ini kunjungan perdana sekaligus kunjungan balasan bli diblog sasie dulu..

    Selamat Tahun Baru 2009 ya..
    Semoga tercapai semua harapan Amin..
    Salam ^^v

    Sige said
    Halo halo sie….wah terima kasih kunjungannnya. Oh iya itu karena setingan di Blog na Sige bermasalah, makanya cuma muncul pic tanpa link, tp skrng udah OK.

    Btw, trims kunjungannya..lain kali berkunjung lagi yah, ato bisa klik-klik arsip na Sige, mungkin ada pengalaman kita yang sama, jadi iso share gitu.

    Tnx ucapannya, selamat tahun baru yah sie, moga semua menjadi lebih baik di 2009

    Trims.

  4. Selamat Tahun Baru 2009 bli, 😀

    Wahhhh Inget bawah Goreng jadi lapar nie, Makan dulu ya 😀

    Sige said
    Selamat tahun baru De..

    Wah ternyata kita sama yah, orang desa..padahal cuma bawang goreng loh udah bisa bikin laper..wakaka..

    Trims

  5. Segenap Keluarga Besar Penghuni Bumi Seganti Setungguan Mengucapkan Selamat Tahun Baru kepada Seluru Mahluk Hidup yang ada di Dunia khususnya kepada mas Sige di Bali…. 🙂

    Sige said
    Salam hangat dari kami di Bali, selamat menyambut tahun baru yah bro Indra..Semoga ditahun yang baru Keluarga Besar Setungguan lebih maju pariwisatanya..

    Trims

  6. Lam kenal Bli….
    Pengen dech taon baruan di Bali…hikz…hikz…
    Oiya sy punya bnyk tmn lho di Bali
    Oiya,sahabatku jg d Bali tp di Buleleng Singaraja,jauh gak sama t4nya Bli???lam kenal dari Jawa Tengah,Semarang 🙂

    Sige said
    Lam kenal mba Tiya..
    Oh napa ga ke Bali aja, banyak paket wisata yang bisa dikunjungin di akhir taun ini.
    Oh iya? wah bagus tuh, kapan-kapan lok ada kesempatan kita bisa ketemu dah di Bali bareng temennya mba Tiya. Kalo dari Singaraja mayan jauh mba kurang lebih 2.5 jam motoran..

    OK met taun baru buat mba Tiya.

  7. Met Tahun Baruuuuu bli… 🙂

    Sige said

    Selamat tahun baru 2009 Gung Wie..GBU

    Trims

  8. Broo tadi saya sempat singgah di Gadon ‘nemenin’ orang pasang tenda bat Joged Bumbung… Ternyata meriah juga ya disana, ada acara bakar ikan n joged bumbung. Tp semoga bukan joged bumbung PORNO ya… hehehe…..

    Sige said
    Badah, sing singgah ke banjar Bro..Iya saya denger juga dari Kaling lok ada joged di depan posko. Dan ternyata memang joged buang kok…kata temen yang nonton..bro gag ikut ngibing?hehe

  9. hepi nu yer bro..

    Sige said
    Swasti wanti warsa sur..

    Suksma

  10. Selamat Tahun Baru, keep blogging….

    Sige said
    Selamat tahun baru 2009 bli Wir, always blogging..

    Trims

  11. Busseeett joged buang toh… Saya mampir waktu pagi hari kbetulan lewat gadon.. Sory saya malamnya nglawar dirumah kawan broo…

    Sige said
    Wakakaka…oh pagi toh, kirain sorenya..oce no problem bro, masih ada tahun depan, ntr kita bikin event lagi.

    Trims

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: