Wisata ke Sangeh dan Tanah Wuk

Siang ini cuaca cukup cerah, matahari sejak tadi pagi terik dan membuat saya sedikit malas untuk meneruskan niatan saya untuk tidur siang. Ketimbang lama berfikir yang enggak-enggak, saya putuskan saja untuk berjalan-jalan ke beberapa tempat yang saya pikir menarik untuk di kunjungi siang ini. Dan menemani saya dalam perjalanan kali ini adalah adik yang nomor dua, kebetulan dia lagi tidak ada kegiatan kampus. Akhirnya jam 13.30 saya mulai memulai perjalanan ini. Dalam benak sudah terbayang bakal kemana saya putuskan perjalanan kali ini, hmm..tiba-tiba sangeh dan tanah wuk terlintas, dan saya putuskan saja ke tempat tersebut.

First destination.
Sangeh merupakan salah satu objek wisata yang cukup terkenal di Bali, objek wisata ini terletak di desa Sangeh Kabupaten Badung. Sangeh terkenal dengan hutan lindungnya yang sarad dihuni oleh monyet. Masuk ke areal parkiran yang cukup luas dan tertata sangat rapih, membuat saya sadar bahwa wisata Sangeh sudah mendapat perhatian dan prioritas baik dari pemerintah daerah, tentunya peran serta yang besar warga masyarakat Sangeh yang sebagian warganya mencari nafkah di areal wisata tersebut.

Dengan harga tiket 5 ribu rupiah, keidahan flora dan fauna wisata Sangeh sudah berada di depan mata. Beberapa monyet menyambut kami di gapura, ih..serem juga, karena tatapan mata monyet sungguh menyeramkan bagi saya. Pada saat masuk  kedalam areal wisata Sangeh saya dihampiri oleh petugas yang memandu wisatawan, beliau berpesan agar kami tidak menyentuh monyet-monyet yang bertebaran hampir di setiap sudut areal wisata.

rie153

Patung Kumbakarna yang sedang dikerumunin oleh monyet pun segera menyambut kami yang melanjutkan perjalanan ke dalam areal Sangeh.Wah ternyata perilaku monyet-monyet tersebut menyerupai manusia, ada yang sedang berkutu, menyusui ataupun sibuk dengan makanan kecil yang diberikan oleh pengunjung. Ketika akan memasuki areal Pura, tampak beberapa pengujung asik bermain dengan monyet-monyet tersebut. Tapi tiba-tiba..hup..seekor monyet yang lumayan besar bertengger di kepala seorang ibu pengunjung. Kontan saja ibu tersebut menutup mata, dan syukurlah datang petugas dan mencoba melepaskan cengkraman monyet tersebut, walaupun sebelumnya kepala ibu tersebut sudah di obrak-abrik..hehe..serem saya melihatnya.

Saya menguping pembicaraan bapak petugas tadi dengan beberapa pengunjung yang berada disana, beliau menyarankan untuk tidak berlaku atau bersikap bermusuhan apalagi mencoba mempermainkan monyet-monyet tersebut sebab resiko terbesar adalah 16 jaritan bila bermain-main dengan taring dari monyet tersebut. Waduh..bener-bener mengerikan pikir saya, jangan sampai saya tercolek oleh monyet itu. Bila monyet tersebut berani, saya akan..saya akan..saya akan..menangis sejadi-jadinya..wakaka..

no1

Puas mengambil beberapa gambar monyet-monyet tersebut saya pun memutuskan melanjutkan perjalanan ke areal wisata tanah wuk yang masih berdekatan dengan areal wisata Sangeh. Sebelum pulang saya menyempatkan diri kebagian informasi untuk minta brosur mengenai sangeh yang selanjutnya akan saya buatkan postingan khusus mengenai wisata sangeh dalam Blog ini. Ok, sekarang saya lanjutkan perjalanan ke Wisata lembah tanah wuk.

Second destination
Tak kurang dari 10 menit perjalanan, akhirnya kami tiba di areal wisata Tanah Wuk. Objek wisata ini berlokasi di Banjar Gerana, desa Sangeh. Objek ini terkenal dengan wisata lembahnya. Saya teringat dulu ketika masih berkuliah sempat mengadakan acara pengukuhan mahasiswa kimia angkatan 2003 di tempat ini. Dengan merongoh kocek 2000 ribu rupiah, kita sudah bisa memasuki objek wisata ini. Saya cukup terkejut dengan suasana di Objek ini, sungguh sangat berbeda dengan 4 tahun yang lalu. Penataan kebun-kebun yang menghiasai objek ini seakan-akan menambah daya tariknya. Di sebelah barat tampak berjejer 2 bale bengong. Wah pas banget kerena bisa menulis untuk postingan Blog, hehe.

arie

Ternyata objek wisata tanah wuk ini mengingatkan saya ketika pertama kali mengenal namanya pacaran..hehe..jadi malu. Tidak berlama-lama diatas kemudian saya mencoba menuruni lembah menuju sungai yang bergericik di bawah sana. Arie adik saya, tampak bersemangat sekali ketika kami akan menuruni lembah, dipikirnya tidak capek apa? hehe. Tapi saya diamkan saja, dan hasilnya setengah jalan dia sudah mengeluh kecapean..haha.rasain lo..guman saya dalam hati.

Udara yang begitu sejuk, kemudian pemandangan yang begitu indah, warna hijau tanaman disekeliling kami seakan-akan mereset isi kepala saya. Rasanya sangat-sangat menyenangkan walaupun cukup melelahkan menuruni lembah. Kresekk..brak..saya terpleset, hampir saya terjungkal..goblok..goblok..sandal jepit saya putus, haha..syukurlah masih selamat dan tidak ada yang terluka. Hampir 10 menit kami menuruni lembah dan akhirnya sampai juga di sungai yang bergemericik mengalir di dasar lembah. Saya tersenyum memandangi hulu sungai yang di penuhi bebatuan sungai yang segede gambreng, yang dulu semasa pacaran sempat menjadi saksi bisu..aduh jadi kenyeng..wakaka..

Setelah puas mengamati sungai tersebut, baru saya sadari kaki saya gemetaran..hehe..sepertinya masih ketakutan karena terpleset tadi. Menaiki lembah adalah ujian terberat, sungguh sangat melelahkan bahkan adik Arie harus tidur ditanah karena saking capeknya, mukanya pucat kehabisan tenaga..hehe.saya diamkan saja sambil saya ketawai dia tidur beralaskan tanah.

ngeBlog di alam on site

Setibanya di atas, sasaran pertama kami adalah bale bengong. Fiuh capek sekali guman kami..Syukurlah ada warung disana, kami memutuskan membeli nasi goreng dan es kelapa muda. satu, dua, tiga..hajar..wah lumayan nikmat nasi goreng ditemani alunan musik dari warung dan di suguhi pemandangan yang sungguh sangat indah. Puas menikmati hidangan tersebut, kami kemudian mengistirahatkan badan sejenak, dan kesempatan untuk menulis untuk postingan nanti di Blog. Maunya saya langsung connect internet dan posting tulisan ini, tapi apa daya sinyal indosat tidak menjangkau areal tersebut sehingga saya harus bersabar untuk tiba di rumah.

Hampir satu setengah jam saya beristirahat, kepala saya sedikit pening gara-gara kecapean tadi, namun seketika itu juga sakit itu hilang ketika pandangan saya alihkan kepemandangan lembah yang begitu indah. Berat rasanya mengakhiri perjalanan kali ini, karena sudah mulai mendung dan teringat kalau malam ini saya ada rapat pemuda di Banjar maka saya putuskan untuk segera meluncur pulang.

Sungguh perjalanan kali ini sangat menyenangkan, 2 objek wisata yang saya kunjungi benar-benar memberikan kepuasan bathin tersendiri. Sekian tulisan ini, sampai jumpa diperjalanan berikutnya.

Tanah Wuk, Br Gerana, Desa. Sangeh, Badung.

back home

Advertisements

Posted on 21 December 2008, in Kab. Badung, TRAVELING, Umum. Bookmark the permalink. 20 Comments.

  1. muanttaaaappp….

    Sige said
    Iya, sungguh sangat mantappppp…

    trims

  2. Klo menurut Bang Charles Darwin, Sige ini sedang melakukan silaturahmi ke nenek moyang nya… hihihi….

    Btw, saya ngeri berwisata ke Sangeh. Penghuninya kayak preman euy. Mungkin monyet-monyet di Alas Kedaton dan Monkey Forest (Ubud) lebih sopan.

    Sige said
    Wah lempar batu potong tangan bro Wir ney, bahasa implisit banget. Intinya saya monyet kan??? hua..hua..hua..mak saya dikatain turunan monyet..hehe..

    Hehe, memang sangar monyet-monyet di Sangeh. Tapi syukurlah gag di gangguin ataupun di colek. Kalo berani mereka, hmmm..saya akan..saya akan..saya akan..

    trims.

  3. foto saya kq ndak ada ya ???

    kaburrrrr…………

    Sige said
    Itu sedang saya foto…hehe..kaburrr…

    trims

  4. penulisnya humble banget …
    monyet memang mengerikan …
    saya juga takut …
    bukan karena apa-apa…tapi karena “dia mau gigit saya, tapi saya ogah gigit dia”
    trus…adiknya cakep yahh….kapan mo dikenalin ke aku…

    nampaknya monyet2 disana ga boleh terlalu liar seperti itu, nanti kalo ada korban gimana?

    saya tahu kenapa om darwin ngeluarin teorinya….coba digoogle aja gambarnya darwin…..dia emang mirip……tulang matanya terlalu ke depan….

    Sige said
    Alow Bro, humble? apaan sie artinya..hehe.
    Takut menggigit yah, untuk apa? pan mirip-mirip lo..wekeke.

    Sebenarnya si monyet sie gag nakal, cuma pengunjung aja yang bergelagat mencurigakan. Tenang aja Bro udah ada petugas yang menemani pengunjung, so pasti aman.

    Wah kalo mengenai Darwin ane gag begitu tau sie..

    trims Bro.

  5. keren banget…aQ jujur aj blm pernah pergi k tempat2 seprti itu..hehe….asli deh…

    Sige said
    Wow..trims..iya memang bagus banget.

    Misal kalo sarah mo main ke Bali, call aja sige. Masih banyak tempat yang lebih cool dan aseli bagus.

    Trims yah.

  6. ada monyet baju putih bawa kamera……… 😆

    btw, emang bener yah, klo cewe lagi dateng bulan ga boleh masuk sangeh? katanya bisa kerasukan? :-O

    Sige said
    Aduh, bener-bener nusuk ampe tembus ke punggung trus nusuk balik ampe tembus ke dada..sakit.

    Hmm, kalo wanita DB memang gag boleh masuk, karena itu areal/kawasan suci. Sama kek ke masjid kan gag boleh kalo lagi DB. Mengenai kerasukan saya kurang tau yah, baiknya di coba aja, kali aja itu boong.

    trims yah.

  7. wakakakakakakka………numpang lewat bos
    foto viewnya mana?

    Sige said
    Dateng-dateng cenge-ngesan..silahkan lewat..Ada jun, materialnya ada ntr ane post di tempat yang lain.

    trims

  8. Jadi inget puluhan tahun yang lalu ke Sangeh. Saya menguji kepekaan monyet critanya. Kacang saya masukkan di dalam baju. Anehnya monyet tahu kalo saya bawa kacang. Jadi dirogohlah kacang di dekat perut saya…ha..ha.. lumayan kena cakar di perut. Mungkin Sangeh sudah jauh lebih indah sekarang ya mas Sige? Lama sekali saya tidak ke Bali.

    Pintar memotret rupanya. Fotonya jadi indah dan bersih. Salam hangat. 😀

    Sige said
    Wah Pak Hej pernah toh ke Sangeh? hehe..Udah jauh berbeda Pak dari beberapa puluh tahun yang lalu, lebih tertata dan bersih. Klo indahnya gag berubah, masih seperti dulu.

    Hahaha, suka ngerjain monyet toh..syukurlah tidak terluka yang parah..Kapan-kapan maen ke Bali Pak..

    Trims Pak.

  9. waah referensi bagus bat wisata taun baru ato galungan besok nih krn seumur-umar blum pernah ke tanah wuk, hehehe… Oooo… ternyata asik ya bersama doi kesana ya… Ato mungkin lebih asik bersama tante sexy itu ya….?! hehehehe….:-D

    Sige said
    Walah semprull..masak sie lom pernah? pasti boong tuh..Kalo ma doi sie ada mitosnya, bisa-bisa putus atau gimana. Tapi dulu saya pernah kesana ma doi, ga je apa-apa..

    Btw ada semacam penginapan disana broe, kalo ma tante..ehm..ehmm.tante dan penginapan..hayo ada hubungannya ga? wkwkw..

    Trims.

  10. wakakakak.. dua minggu lalu wie habis dari sana..
    coba track sepeda baru, lewat sawah2 gitu, tembusnya di Sangeh.. trus langsung ke tanah wuk.. habis itu kecapean…
    trus makan nasi sela dan sate,,, maknyuuusss..
    glek.. jd laper.. =p

    Sige said
    Wah asik yah, naik sepeda di pedesaan trus ada sawah-sawahnya..aduh gag kebayang nikmatnya..

    Iya nasi sela enak banget, ada rasa ‘nyangluhnya’ plus rasa sate kebet yang makjusss..

    Bused dah saya laper beneran..clingak-clinguk..mencari makanan yang bisa di embat..

    Trims yah.

  11. Bener saya ga pernah ktanah wuk, cuma sering nongkrong rame2 diwarung diutaranya sangeh saat manis galungan cuci mata, hehehe…

    Ooh ada mitos gitu ya? Nanti deh di testing kebenaranya brooo…
    Naaah tu dia.. hubungan tante & penginapan ‘sangat erat’ berhubungan. Setelah capek jalan2 & menikmati alam, ya istirahat sambil pijit di penginapan broo. Tp tante itu bisa pijat gak ya? ato malah bisa Reflexologist? hmmm…..

    Sige said
    wah jangan lah bro, ntr kalo beneran putus..gimana? kalo saya itu kebetulan aja kesana, dan dari sana saya tau gag bener seperti itu. CUma faith aja lah..

    Mengenai si Tante, aduh…minggu besok kan kita reflxy-reflexian lagi tuh, moga aja Doi dateng deketin kita trus minta kita jamah…wakakaka…waduh..pikiran udah kemana-mana..

    Trims bro

  12. kalo ke sangeh, hati2 dengan kamera, kacamata or topi kalian, soale monyet disana pada tau barang mahal smua, di ubud lebih gak sangar monyetnya, kalo gak salah harganya juga sama, bukan bgitu bli??

    Sige said
    Haha..masa iya Om, monyet nya tau barang mahal. Wah bener banget, kamera saya tuh harganya ecek-ecek makanya gag di gubris..wekeke..

    Lok di Ubud saya kurang tau yah, yang tau saya di Alas kedaton dan sangeh aja. Emang sie sedikit bringas monyet-monyet di Sangeh.. apa lagi kalo wajah pengunjung rada-rada mirip..

    Trims kunjungannya.

  13. Waaah jangan bilang jamah-menjamah broo pikiran ane jadi ga karuan nih, pa lg tadi di RS Kapal ada tante sexy bajunya putih tipis banget… miiiih ngetel paes benne puk….

    Sige said
    Yah gitu aja udah ngetel segala…wakakaka..ko jadi ngomonging tante yah, padahal postingan di dominasi oleh monyet…wakaka

    Trims

  14. Kan ada juga monyet betina yg tua – tante broo.. hahahaha….. 🙂 Wah menarik emang membicarakan tante, saya akan membuat postingan ‘tante’, tunggu di blog saya… 😉

    Sige said
    Wakakaka..dasar penggemar monyet bro Admin..
    Wahhh….lanjuttt topik tantenya..segera meluncur kesana bro..

    trims

  15. waduh…, ada wartawan. Lagi menyelidiki Pak Apes yaa ?

    Wah.. harusnya ibu2 itu komplain ke pak apes, rugi donk jadi caleg ga bisa ngatur warganya wakaka…

    Sige said
    Wahhh..bongkar-bongkar rahasia Bli ney..ini kan misi rahasia pahlawan bertopeng…

    Iya betul, saya sudah tampung aspirin para monyet itu, segera akan saya komplain Pak Apes. Wekekeke…

    Trims Bli

  16. Wahhhh kunjungan Rutin nie, hehehehe tapi asik lho suasana disana khan dingin apalagi jalan-jalan ma pacar, dijamin betah dan waktu pengennya Lambet jalanNya, Dunia Milik berdua dehhhhh, heheheheh 😀

    Sige said
    Hehe…koment De parta pasti pengalaman pribadi yah..kalo saya kesana sama pacar pengen cepet-cepet pulang, takut di jambak sama monyet-moyet itu..hehe

    Dan lagian dunia bukan milik berdua lagi, tapi milik berbanyak, karena monyet juga mengklaim dunia milik mereka..wakaka

    Trims De.

  17. wah…. seru bgt…. tanah wuk&sangeh deket rmhku…
    iya sie disana monyetnya agak galak tp kyknya yg lbh galak yg moto he he , stiap pulkam ak lewat sana tp nggak pernah mampir, terahir ke sana pas kls 6sd, di sana cuacanya sejuk bgt, di sana es kelapa mudanya seger bgt & cheap he he , di dkt rmhku di petang ada air terjun , bgs bgt mungkin next time bisa di posting di sini buat promosi he he

    Sige said
    Wah…saya nangis ney…dibilang galak nya lebih ketimbang monyet..huahuahuahua….

    Hah? Dek anak Badung juga yah? wah sama yah..oh petang yah? saya pernah tuh ke daerah Petang. Ituloh yang didekat jembatan sungai bangkung..

    Air terjun Nung-nung yah? saya pernah beberapa kali kesana. Air terjun itu satu-satunya ada di Kab. Badung, setahu saya. Dan memang bagus tepatnya, gag kalah ama yang di Git-git. Wah kayaknya bakal seru kalo kita liput air terjun Nung-nung itu..harus ditemenin tapi yah..hehe..maunya..

    Trims Dek

  18. aeng ramene dini puk! ckckck… mantaps2!!

    Sige said
    Alow bro, aeng to serem yah? pake caling..hehe…rame monyetnya di sangeh bro..

    trims

  19. eka jd inget dulu di tanah wuk…kan nur di krangkeng trus teriak2 hbs tu dikasi makan jambu ato buah2an laen,he..he..he..

    masih ada si omang ga dsna, eh salah maksudnya siamang di tanah wuk..?

    Sige said
    Alahhhhh…kampret…hahha..iya waktu pengukuhan itu emang berkesan Ka, nur sempet kebingungam mau boker dimana waktu malam-malam..hehe..

    Oh monyet na udah gag ada Ka, udah kek taman kota sekarang..

    Trims yah

  20. thanx infonya, Sangeh thuu salah satu tempat favorite saya di Bali.. heee

    Sige said,Halo terima kasih kunjungannya, sama bos, sangeh memang sangat menarik ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: