Pesilat Bali sumbang Emas (1st Asian Beach Game)

Sepanjang jalan menuju areal Asian Beach Game di pantai Tanjung Benoa dipenuhi oleh umbul-umbul dan spanduk, bahkan jalan-jalan kecil di dekat lokasi tersebut pun menjadi marak. Ini lah segelintir kemeriahan Asean Beach Game yang untuk pertama kalinya diselenggarakan di Bali, Indonesia.

Suatu kebanggaan bagi saya sebagai masyarakat Bali bisa menyaksikan suatu event bergengsi dari negara-negara Asean diadakan di pulau kelahiran saya (Bali), bahkan untuk pertama kalinya. Sebenarnya event bertaraf Dunia sering diadakan di Bali, namun pasca Bom Bali I & II seakan-akan mata dunia sudah tidak mengarah ke Bali lagi sebagai salah satu wisata dunia yang aman untuk dikunjungi, semoga dengan adanya Asian Beach Game yang pertama ini bisa mendongkrak citra Bali yang aman.

Setibanya saya di pantai Tanjung Benoa, kulit serasa dipanggang, mata silau karena terik matahari dan dari kejauhan terdengar sayup-sayup sorai suporter yang mengelu-elukan nama Indonesia. Semakin tidak sabaran untuk masuk areal, dengan harga tiket Rp. 20.000,00 akhirnya saya bisa menyaksikan secara langsung event tersebut.

Ternyata di arena sudah ada podiumnya, bused..ternyata sudah pengumuman juara untuk cabang pencak silat. Saya sedikit kecewa karena tidak dapat menyaksikan pertandingannya, namun perasaan tersebut sedikit terobati ketika melihat atlet yang naik podium adalah atlet dari kontingen Indonesia, alangkah terkejut dan bangganya lagi ternyata dari 2 cabang pancak silat yang dipertandingkan pada siang itu dimenangkan oleh Indonesia. Dan kejutan yang membuat saya hampir meneteskan air mata, atlet pencak silat tersebut berasal dari Bali.

Dikesempatan itu juga sungguh sangat kebetulan saya bertemu dengan mantan pelatih silat saya sewaktu masih berlatih pencak di Bakti Negara. Bapak Putu Sugiantara, namun akrab dipanggil Pak Tu. Semasa saya SD beliau lah yang pertama kali mendidik saya, sehingga saat ini mental pesilat masih mengalih di dalam darah saya. Bila mengingat moment-moment ketika saya mewakili Kab. Badung di Tingkat Provinsi untuk cabang pencak silat (PORSENI th.1996) dan mengantongi emas untuk kelas B, sungguh pengalaman yang masih membekas di ingatan. Lamunan itu pun segera hilang ketika kami sedikit berbincang, sambil menyaksikan prosesi penyerahan medali.

“Cabang pencak silat menjadi pembuka emas bagi Indonesia melalui atlet asal Bali I Gusti Ngurah Arya Yudaparmita. Arya meraih emas di nomor seni dengan nilai terbaik 457. Ia mengungguli pesaingnya dari Vietnam Anh Nguyen Viet dengan nilai 450 dan Muhammad Khairul Bahrin (Brunei Darussalam) dengan nilai 449. Sukses Arya kemudian diikuti pasangan Sang Ayu Ketut Sidan/Ni Made Dwi Yanti yang turun di nomor seni ganda putri.”  Bali Post.

Berikut beberapa gambar yang sempat saya abadikan ketika proses penyerahan medali.

 

Di tribun para suporter Indonesia sangat bersemangat menyaksikan Atlet Indonesia menaiki podium, sambil bersorai dan mengibarkan bendera.

Melihat prestasi pesilat Indonesia, tidak hanya patut untuk diancungi jempol, namun harapan saya semoga Pemerintah dalam hal ini pihak yang terkait dapat memberikan timbal balik yang sesuai atas semua pengorbanan dan perjuangan atlet-atlet yang telah mengharumkan nama bangsa.

Sukses buat team Indonesia di event 1st Asian Beach Game.

Posted on 21 October 2008, in Umum. Bookmark the permalink. 6 Comments.

  1. oe…. curi foto dimana tuh??

  2. @ Dewa Ajus
    : gag nyuri ko broo, ane nonton kesana trus tak jepret dan tak masukin blog dah.

  3. mengapa ASEAN beach game di adakan? dan kenapa indonesia bisa menang dan menjadi juara umum

  4. @Oky

    “mengapa ASEAN beach game di adakan?”

    : ini hanya pendapat saya, ini mungkin kaitannya dengan program Visit Indonesia 2008, karena seperti yang tulis diatas, ini adalah salah satu cara untuk mengembalikan arah mata dunia ke Bali sebagai tujuan wisata Dunia,dan Indonesia Umumnya.

    “kenapa indonesia bisa menang dan menjadi juara umum”
    : karena tidak kalah, wakakaka. Ya karena lebih banyak menjuari cabang yang dipertandingkan.

  5. untuk berita di tabanan,di muat juga donk…………
    Thx…..!!!

  6. perisai diri TABANAN

    SALAM PENCAK SILAT…..
    berita porseni/ Popwil n Popnas kabarin donkszzzzzz, paya kita anak2 silat bisa taw,,,siapa2 aja tmen2 kita yg dapet juara……………….
    OKEEEEEEEEEEEHHHHH…………..
    Buat Pak Selamet ri Bangli,,,,,,,,,jgn ngerjain gung trus dongzZZ…………..
    HEHEHEHEHEEHEHEHE……….>>>>>>>
    NITEZZZZZZZZZZZZ

Leave a Reply

