Informasi teknis sekrup/screw.

Nah tulisan saya kali ini sedikit mengulas mengenai salah satu item yang tergolong kedalam fastener, yaitu sekrup/screw. Saya coba merangkumkan beberapa informasi yang terkait dengan judul yang saya buat.

Dalam mengerjakan beberapa kali project, sering kali saya di hadapkan pada item-item yang tergolong kedalam item fastener. Dari pengertian kamus, fastener bila di artikan kedalam bahasa indonesia adalah alat yang di gunakan untuk mengunci atau definisi saya alat untuk melengketkan sesuatu pada susuatu. Beberapa informasi yang perlu kiranya kita ketahui dalam item sekrup/screw.

  1. Style dan Type kepala, Sebenarnya kata style dan type mirip-mirip dan terkadang pun saya anggap sama, namun  setelah saya membaca artikel yang saya peroleh dan mencoba menalarnya ternyata antara style dan type tersebut berbeda.  Style kepala screw, merupakan bentuk dari kepala sekrup tersebut, bila dilihat dari arah samping, maka akan kita dapati variasi yang cukup banyak dari style kepala sekrup tersebut. Berikut saya tampil kan gambarnya,       Sedangkan yang dimaksudkan dengan type kepala sekrup/screw, adalah bentuk driver/obeng yang akan di gunakan untuk melengketkan sekrup tersebut, berikut saya tampilkan gambarnya,         
  2. Ukuran panjang , biasanya dikhususkan ke dalam satuan inci, untuk angka pecahan menggunakan satuan inci atau millimeter.
  3. Ukuran diameter, bila pengukuran diameter lebih kecil dari 1/4 inci maka satuan yang digunakan adalah satuan gauge. Khusus untuk diameter denga angka pecahan maka satuannya adalah inci, sedangkan untuk satuan metric dengan angka desimal maka menggunakan satuan milimeter.
  4. Threads Per Inchi (TPI), ukuran ini merupakan jarak antara 2 ulir/thread atau sering disebut juga dengan Pitch. UNC, UNF dan Metric merupakan standararisasi yang biasa digunakan. Untuk mengkonversi dari dari satuan Inci ke millimeter maka digunakan nilai pembagi sebesar 25.4. Contohnya, bila TPI adalah 32 maka bila dikonversikan ke milimeter maka akan diperoleh nilai sebesar 0.793mm.
  5. Material, bahan atau material yang biasa di pakai dalam pembuatan sekrup adalah brass, stainless steel, nylon dll.

Demikian sedikit informasi mengenai item sekrup, semoga ada manfaatnya.

Referensi : http://www.zytrax.com/tech/mech/threads.htm

Advertisements

Posted on 16 September 2008, in BILIK KATALOGING. Bookmark the permalink. 8 Comments.

  1. bagus mas bahasannya mas
    ane juga usulkan , gimana kalau ada semacam ruang diskusi secara offline melalui web blog masnya dengan yang lainnya .
    mungkin aja kita dapatkan suatu informasi yang masih tersembunyi, mungkin aja itu dari kutub utara atau negeri bulan di seberang sana mas
    moga2 ini bermanfaat ya mas

  2. Halo mas Dibyo,terimakasih kunjungannya. Wah menarik sekali sarannya mas dan pastinya bermanfaat.

  3. Kawaii Ayu bingung bahasannya he..he… otaknya gak mudeng…..
    Slge…Semangat ya!!!!!!!!!!!!

    Sige said
    wakaka..ayu gag ngudeng yah..ini salah satu bagian pekerjaan saya..Kimiawan jadi Enginer..semprul emang..
    Tnx Ayu..semangat juga..
    arigato gozaimasu

  4. tOlong””””””””””’

    Sige said
    Apaaaaa…….[panik:mode on]

  5. Mohon penjelasan arti dari istilah Ulir pada baut dan mur. saya bingung untul mengartikannya. terimakasih

    Sige said
    Pengertian umum yang saya ketahui, ulir dalam baut, mur, skrup dan material yang termasuk kedalam group 53 [NATO group classification] adalah permukaan yang yang berbentuk lekukan cylinder/melingkar terdapat pada sisa luar [bolt,screw,rod,stud etc]/dalam [nut]. Semoga sedikit membantu.

  6. saya ingin tanya tentang standar uli UTS (unified thread standard) atau ada yg menyebut unified screw thread. apakah ini sama dengan UNC/UNF. mohon penjelasannya.. lalu kira-kira dimana ya belinya
    saya ada alat, dari catalogue nya harus pake baut
    #2-56 UNC
    mohon penjelasan tentang nama tsb

  7. wah bagus bahasan tentang skrup.tapi kalo boleh,mau dng dkasih bocoran dmana bsa dpt skrup yg murah khususny yg kpla + yg buat furniture.thanks sblmnya

  8. Mohon informasi, standar mana yang dipakai di Indonesia untuk TPI? Apakah UNC (Coarse 20 TPI) ataukah UNF (Fine 28 TPI)? Makasih.

%d bloggers like this: