Baut (bolt) dan Sekrup (screw)

Kalo dililiat dari nama memang antara baut (bolt) dan sekrup (screw) memiliki nama yang berbeda, bila kita mengacu pada penamaan dari OSD (oniqua Standard Dictionary) kedua item ini memiliki perbedaan namun tidak mendasar sekali. Perbedaaan yang dapat diamati dari dari kedua item ini mengacu pada definisi OSD adalah pada ulir/thread dari kedua item ini, baut memiliki ulir tidak penuh dalam artian ulirnya baut tidak sampai pada kepala baut sedangkan untuk sekrup ulirnya penuh hingga mencapai kepala sekrup tersebut. Dan perbedaan yang lainnya bisa diliat dari kepala antara baut dan skrup, umumnya baut tidak menggungakan obeng melainkan kunci, sedangkan skrup sebaliknya menggunakan driver berupa obeng. Terkadang penggunaan mur (nut) juga bisa dipakai untuk membedakan kedua item ini, baut biasan dilengkapi dengan mur (nut) sedangkan skrup tidak.

Machine Screw

Walaupun perbedaan antara kedua item ini cukup bervariasi, namun sering kali saya dibingunkan dengan penamaan yang diberikan oleh suplier atau manufacture pembuat kedua item tersebut, karena sangat sering mereka menyamarkan antara penamaan baut dan skrup. Semoga bermanfaat.

 

Advertisements

Posted on 16 September 2008, in BILIK KATALOGING. Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. Wa….otak kawaii ayu bingung nih tentang sekrup2 he he he

    Sige said
    Hehe..itu baru secuil pekerjaannya sige, masih ada lagi seabrek standard international, type, untuk item-item spare part equipment-equipment yang biasa di pakai di perusahaan tambang, material prosecing, train, public services dsb.

    Jangan pusing-pusing yah, skrup cuman mur biasa kok.

    Trims

%d bloggers like this: