Manfaat pelajaran Kimia

Dari 2 hari yang lalu saya mengamati kejadian yang cukup menarik kalau saya perhatikan, yang menimbulkan suatu pertanyaaan dan baru hari ini saya temui jawabannya.

Begini  ceritanya, setiap saya membuat teh saya merasa sedikit heran, mengapa volume air teh yang saya buat menjadi berkurang dengan volume air sebelum celupkan teh (kebetulan di kantor ada nya teh celup) padahal belum saya minum. Setelah saya amati, jawabanya teramat simpel hanya saja luput dari perhatian saya.

Mengapa volume air panas setelah dicampur teh berkurang, ini dikarenakan oleh konsentrasi air teh tersebut. Mengapa ada hubungannya dengan konsentrasi? Coba kita ingat-ingat lagi pelajaran kimia sewaktu SMU dulu, Udah ingat kan? Saya akan tuliskan rumusannya,

M= n/Vol

Jadi yang dimaksud dengan M adalah konsentrasi/kepekatan, sedangkan n adalah mol (massa/molekul relatif) dan V adalah volume.

Sehingga dari rumusan diatas kita ketahui bahwa M (konsentrasi/Kepekatan) berbanding terbalik dengan V (volume). Nah bila kita kaitkan dengan kejadian yang saya alami, maka akan masuk di akal bahwa volume air teh saya menjadi berkurang dibandingkan dengan volume air sebelum saya celupkan teh dikarenakan konsentrasi/kepekatan yang semakin besar.

Nah dari sini saya menyadari bawasannya ilmu Kimia yang saya peroleh di SMU benar ada manfaatnya, yah kalo pun untuk mencari jawaban-jawban dari kejadian sederhana yang saya alami.

Posted on 15 May 2008, in ILMU PENGETAHUAN, Umum. Bookmark the permalink. 5 Comments.

  1. Setelah saya amati lagi, ternyata ada faktor lain yang menyebabkan volume nya berkurang, yaitu teh celup nya. Sangat mungkin sekali beberapa ml air ikut terserap kedalam teh celup yang selalu saya buang setelah dipakai.

  2. iyalah pak bli bro…selain itu berkurangnya volume teh bisa juga dikarenakan oleh kejadian metafisikan, misalnya diminum oleh jin jin yang numpat lewat karena kejauhan yaudah numpang minum dulu…khan kesian kalo gk dikasi minum…nah belum lagi misalnya jajanan pasar yg enak2 yang selalu hampir biasanya ada tersedia disamping monitor….wah itu juga faktor eeenyyyyaaaaakkkkk membuat volume teh berkurang pak bli bro…..

  3. wahhh..kejadian metafisik??hmmm..gag berani yang begitu2 kesini,apa lagi petantang-petenteng, kan ada bos nya gendruwo disini.hehe..

  4. kalo menurut saya, airnya berkurang itu bukan karena molaritasnya yg meningkat. Meskipun molaritas berbanding terbalik dengan volume, bukan berarti kalau molaritasnya dinaikkan, volumenya berkurang. Volumenya akan tetap, tapi molnya yang bertambah, jadi molaritasnya ikut bertambah.

    Volume air yg berkurang, sudah pasti diakibatkan oleh daya kapilaritas yang dimiliki oleh selaput teh celup beserta daun teh.

    Hehe…

    Sige said
    Alo bro selamat datang,
    Nah contoh kasusnya seperti yang saya buat memang tepat sekali kurangnya volume air tersebut dikarenakan oleh sebagian kecil terserap oleh teh celup yang saya gunakan, dan itu sudah saya ungkap diawal.

    Kalo pendapat saya sudah jelas, bawasannya volume berbanding terbalik dengan konsentrasi [M], sekarang mari uji pendapat anda.

    “Meskipun molaritas berbanding terbalik dengan volume, bukan berarti kalau molaritasnya dinaikkan, volumenya berkurang.”
    :Satu sisi anda menyetujui volume berbanding terbalik, namun disisi lain anda menyangkal. Ok mari kita lajut..

    “tapi molnya yang bertambah, jadi molaritasnya ikut bertambah”
    :Iya saya juga setuju dan memang begitu rumusannya, bawasannya mol [n] berbanding lurus dengan konsentrasi [M].

    Nah alasannya sekarang apa dong, anda menyangkal dengan alasan yang bukan jawaban dari penyangkalan anda.

    Tnx commentnya

  1. Pingback: Alasan Masuk Kimia | fahrulk09's blog

Leave a Reply

