Hujan dan Banjir bagai Bintang dan Bulan

Karena hujan yang lebat semalam mengakibatkan ruas jalan Sunset Rood Barat tergenangi air hujan. Air ini berasal dari areal persawahan dipinggir jalan tersebut, yang meluap karena hujan semalam yang lebat. Tidak hanya hujan yang menguyur Denpasar sekitarnya namun juga hembusan angin yang cukup kencang hingga hampir-hampir merobohkan satu tiang listrik di jalan Sunset Rood Barat.

Malam hari sebelumnya hujan lebat benar-benar hampir menenggelamkan dan memutuskan jalan dari arah Kerobokan menuju Seminyak, tepatnya di depan Sekolah International. Iring-iringan panjang kendaraan roda empat dan sepeda motor membuat suasana pada malam tadi benar-benar krodit. Beberapa pengendara motor terpaksa harus menuntun kendaraannya karena motor yang dikendarai tiba-tiba mati saat berada dalam luapan air hujan yang ditengarai karena tersumbatnya aliran air di sepanjang jalan tersebut. Kejadian lucu sempat mewarnai kemacetan semalam, ketika salah seorang pengendara terpaksa harus mendorong kendaraannya, otomatis teman yang diboncengnya pun turun dan berjalan kaki di pinggir jalan. Kejadian yang sedikit membuat tersenyum, ketika kawan yang dibonceng pengendara motor tadi beberapa kali terperosok ke dalam selokan. Mungkin karena permukaan air yang cukup tinggi membuat pejalan kaki tadi tidak memperhatikan jalan yang dilalui nya alhasil dia terperosok sebanyak dua kali sepanjang pengamatan saya, mungkin saja bisa lebih banyak lagi kalau saja dia masih berjalan terlalu ke pinggir.

 Kejadian banjir di beberapa ruas jalan di seputaran Denpasar sudah teramat sering terjadi ketika musim hujan tiba, namun kenapa selalu ada banjir di waktu dan tempat yang sama? Adakah upaya-upaya pihak terkait untuk menanggulangi keaadaan ini, yang tentunya sangat merugikan bagi pengguna jalan dan masyarakat disekitar daerah tersebut. Pihak-pihak yang sangat berkompeten tentunya kalau menurut saya adalah instansi pemerintah dan masyarakat sekitar daerah tersebut. Sepanjang pengamatan saya infrastruktur disepanjang jalan-jalan harus segera dibenahi, parit-parit yang tersumbat harus segera dibersihkan, demikian juga kesadaran dari masyarakat disekitar jalan-jalan tersebut hendaknya dapat memfungsikan parit-parit dan trotoar sebagaimana fungsinya.

Advertisements

Posted on 15 January 2008, in Sosial, Umum. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: