Teknologi membingungkan ato ??

Sering kali kita mendengar istilah core duo, dual core atau pun core 2 duo. Wah istilah-istilah ini hampir mirip memang antara satu dengan yang lainnya, namun sangat berbeda sesungguhnya. Istilah-istilah yang di kemukankan di awal adalah jenis-jenis Prosesor besutan Intel.corp, kemiripan istilah-istilah ini sedikit membingungkan kita bahkan terkadang bila kita kurang jeli membedakan nya sangat mungkin kita di kibuli oleh pedagang dengan alih-alih menyamarkan perbedaan tersebut. Sebagai contoh sederhana penggunaan istilah Pentium Dual core dibuat menjadi Intel Dual core bahkan menjadi Intel Core Duo. Nah pengalaman ini sempat terjadi pada penulis ketika sedang menanyakan spesifikasi laptop dari brosur yang ditawarkan. Dan ketika ditelusuri ternyata telah terjadi pengaburan perbedaan istilah-istilah tersebut dan bila dipandang dari segi hukum,maka perbuatan ini telah melanggar hukum karena telah menalukukan penipuan bila transaksi sampai terjadi. Bila dilihat dari kinerja dan performance tentu saja akan berbeda sekali. Untuk selengkapnya ulasan mengenai istilah Dual core,core duo dan core 2 duo akan dijelaskan yang diambil dari segala sumber. Berikut penjelasannya

Semuanya menunjukkan adanya dua inti dalam satu processor. Cuma perbedaannya:

Pentium D (dual core): teknologi yang sudah boleh dibilang ‘legacy’ atau peninggalan. Teknologi ini menggunakan 2 chip processor dalam satu die, tetapi penggunaan processor kedua masih kurang maksimal. Dari ketiga teknologi ini, Pentium D mempunyai daya paling besar, tetapi toleransi suhu yang paling tinggi (sekitar 67 derajat celcius) karena teknologi Pentium D memiliki panas yang cukup tinggi. kerugian paling besar lagi, chip ke-2 dari processor ini tidak memiliki pengecekan panas bagi inti ke-2, sehingga, bila chip ke-2 kepanasan, kita tidak akan pernah tahu

Adanya yaitu Intel Core Duo, ini adalah generasi pertama dari processor intel dengan arsitektur Core, karena intel telah meninggalkan arsitektur Pentium. Model ini dapat memaksimalkan penggunaan core ke dua dari processor, dan sudah mempunyai pengecekan panas bagi inti processor ke-2, difabrikasi dengan ukuran chip pada die 90nm- 65nm.

Core 2 Duo: Generasi kedua dari arsitektur Core, memiliki kecepatan latency yang lebih kecil (membuatnya lebih cepat dibanding pendahulunya) dan memiliki memori cache yang dipasang per core, tetapi terhubung satu sama lain (secara paralel). Diproduksi dengan fabrikasi 65 nm. Sehingga ada versi yang memiliki 4 core didalamnya (quad core).

Dari penjelasan singkat diatas semoga memberikan gabaran pada kita yang masih awam dengan perkembangan teknologi komputer yang begitu pesat dan terkesan membingungkan kita kalau saja kita tidak mengikuti perkembangannya. Untuk lebih lengkapnya informasi tentang Prosesor besutan Intel dapat dilihat pada website http://www.intel.com .

Advertisements

Posted on 7 January 2008, in Komputer. Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. Thank you….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: