Istirahat terbaik adalah dengan tidur dan tidur terbaik adalah saat istirahat.

Terlampau banyak mengambil atau melakukan rutinintas suatu kegiatan apakah itu kuliah,bekerja maupun melakukan tugas rumah tangga sehari-hari, terkadang membuat kita merasa bahwa istirahat adalah suatu jawaban yang sangat tepat untuk itu. Nah bila istirahat kita anggap mampu untuk mengatasi itu semua, maka pertanyaan yang timbul sekarang, istirahat seperti apakah yang paling efektif untuk saya? Saya rasa jawaban pun tentunya akan beragam pula, tergantung pada bagaimana individu tersebut menggunakan cara istirahatnya yang sudah pasti di sesuaikan dengan tingkat kebutuhannya. Banyak ahli maupun pakar yang sepengetahuan saya mengungkapkan bahwas istirahat yang terbaik adalah dengan cara tidur. Dan saya rasa itu masuk akal sekali karena dari pengalaman saya, kalau badan sudah terasa amat capek obat mujarab adalah istirahat tidur. Setelah bangun dari tidur semua capek sudah tidak terasa. Sempat saya amati mengapa tidur merupakan istirahat yang terbaik, dan saya amati dari pemenuhan akan energi dalam tubuh dari cara kita bernafas. Menurut saya,badan yang capek setelah melakukan kegiatan disebabkan oleh energi dalam tubuh (berupa ATP yang yang dihasilkan dari bernafas) itu sangat kurang sehingga tubuh (termasuk pemenuhanan oksigen ke otak) kekurangan oksigen, sehingga tubuh kita merespon itu dengan memasukan lebih banyak oksigen dengan cara kita menguap. Nah kalau sudah seperti itu, tidur adalah solusi yang terbaik. Mengapa demikian? jawaban saya adalah dengan tidur yang cukup. Bila diperhatikan dari pemenuhan energi tubuh maka sangat jelas perbedaannya saat kita bernafas seperti biasanya yang notabene kita menggunakan nafas dada. Pada saat kita tidur tanpa disadari kita menggunakan lebih banyak pernafasan perut. Dan bila kita bandingkan antara nafas dada dan nafas perut tentulah ada beberapa perbedaan yang dihasilkan tentunya bila ditinjau dari energi (atp) yang dihasilkannya. Sebagai contoh sederhana, seorang praktisi tenaga dalam, dalam upaya menjaga bahkan meningkatkan kualitas tenaga dalam yang dimiliki nya maka pernafasan perutlah yang dilakukan (tentunya dengan teknik khusus yang tidak akan saya bicarakan), sehingga energi/tenaga dalam yang dimilikinya mumpuni. Demikian pula saat kita tidur, secara tidak disadari kita telah melakukan pernafasan perut, yang mengakibatkan pemenuhan energi tersebut sangat cepat bila dibandingkan dengan pernafasan dada. Nah mungkin itu lah sebabnya mengapa istirahat tidur adalah istirahat yang paling baik menurut saya. Lalu apa kaitannya dengan tidur terbaik adalah saat istirahat? Yah karena untuk tidur pun diperlukan waktu yang tepat pula. Seperti saya misalnya dengan keseharian saya bekerja di kantoran,tentunya saat istirahat lah pilihan terbaik untuk tidur. Ini menjadi sangat beralasan karena pada saat bekerja sangat tidak mungkin dan tidak dianjurkan untuk kita tidur (menurut aturan yang berlaku dikantor saya). Sehingga dari tulisan ini saya yang berprofesi sebagai kuli kantoran memilih istirahat terbaik adalah tidur dan tidur terbaik adalah saat istirahat.

Sekian dan terima kasih.

Posted on 28 November 2007, in Pribadi, Umum. Bookmark the permalink. 3 Comments.

  1. betul!!!!!setuju sige……….
    istirahat terbaik adalah tidur,tapi ku kurang setuju ama sambungannya nah kl seandainya pas istirahat kita g ngantuk,gmn bs tidur demngan baik sige???
    hmmmmm?????

    just opinion kok
    tp tetep! TOP BGT BROH

  2. betul!!!!!setuju sige……….
    istirahat terbaik adalah tidur,tapi ku kurang setuju ama sambungannya nah kl seandainya pas istirahat kita g ngantuk,gmn bs tidur dengan baik sige???
    hmmmmm?????

    just opinion kok
    tp tetep! TOP BGT BROH

  3. @geq pra
    hehe..oh mengenai sambungan nya itu, hanya menegaskan saja kalua waktu istirahat adalh waktu terbaik untuk tidur, ketimbang jam ngantor kita tidur..hehe..

Leave a Reply

