wah avatar asik..

Saat ini saya sangat menggemari kartun Avatar, sungguh menarik tanyangan yang satu ini. Walaupun saya selalu ketinggalan untuk nonton di televisi, tapi syukur lah ada kawan yang mau membagi film kartun ini dengan cuma-cuma, jadi saya dapat nonton kapan pun saya mau. Pada awalnya saya tidak begitu tertarik mendengar adik saya yang paling bontot cerita-cerita terus berlagak seperti tokoh dalam kartun tersebut. Saya paling mencibir dia,”ah dasar anak kecil,sukanya kartun yang ga jelas” sambil saya ngeluyur pergi. Tapi keadaan itu pun berubah, saat saya mendengar teman-teman sebayaan saya pun membicarakan itu. Fenomena ini membuat saya sedikit penasaran dan saya coba mencari resensi ceritanya lewat google,dan apa yang saya dapatkan? berikut cuplikan yang saya dapatkan dari google :

Avatar: The Last Airbender mengambil tempat di sebuah dunia fantasi, tempat tinggal manusia, berbagai binatang fantastik, dan roh-roh. Peradaban manusia terbagi-bagi menjadi empat bangsa, Suku Air (Water Tribe), Kerajaan Tanah (Earth Kingdom), Pengembara Udara (Air Nomads), dan Negara Api (Fire Nation). Dalam setiap bangsa ada orang-orang yang dipanggil “Bender” (Pembengkok, atau dalam hal ini pengendali) yang memiliki kemampuan mengendalikan unsur alam sesuai bangsa mereka. Seni mengendalikan unsur alam ini merupakan perpaduan gaya seni beladiri dan sihir unsur alam.

Dalam setiap generasi, ada seseorang yang mampu mengendalikan setiap unsur, ialah yang dipanggil sebagai Avatar, roh dari planet yang menitis dalam bentuk manusia. Ketika seorang Avatar meninggal dunia, dia akan terlahir kembali di bangsa yang gilirannya selalu bergantian sesuai dengan siklus Avatar (Avatar Cycle), yang seiring dengan musim: musim dingin untuk air, musim semi untuk tanah, musim panas untuk api, dan musim gugur untuk udara. Legenda mengatakan bahwa seorang Avatar harus mempelajari seni mengendalikan unsur sesuai dengan urutannya, dimulai dengan unsur asli bangsa sang Avatar, namun terkadang urutan ini bisa dilewat jika keadaan memaksa. Mempelajari pengendalian unsur yang berlawanan dengan unsur asli bangsa seseorang adalah hal yang teramat sulit karena perbedaan gaya seni beladiri dan doktrin-doktrinnya.

Ikhtisar Alur Cerita
Seabad sebelum pembukaan cerita serial ini, Aang, seorang anak laki-laki pengendali angin berusia 12 tahun dari Kuil Udara Selatan milik kaum Pengembara Udara, diberitahu oleh para tetua bahwa ia adalah Sang Avatar. Biasanya, seorang Avatar diberitahu jatidirinya sebagai seorang Avatar ketika ia beranjak 16 tahun, namun, para biksu takut akan perang yang terjadi diantara keempat bangsa akan segera terjadi dan dalam waktu singkat seorang Avatar akan diperlukan untuk menjaga keseimbangan dan kedamaian dunia. Hal ini membuat Aang sangat kebingungan dan tertekan. Singkat cerita, Aang kabur dari Kuil Udara Selatan, namun di tengah jalan ia bertemu dengan badai yang sangat besar dan ia bersama Appa (seekor banteng terbang raksasa miliknya) jatuh tenggelam ke dalam laut. Tetapi Aang segera membuat bola udara mengitari tubuhnya dan Appa sehingga ia tidak basah. Bola udara tersebut membekukan air di sekitarnya sehingga Aang dan Appa terkurung di dalam bongkahan es.

Pengaruh dari budaya
Avatar banyak meminjam seni dan mitologi dari benua Asia untuk menciptakan sebuah dunia fiksi. Avatar juga mencampur filosopi, bahasa, agama, seni bela diri, pakaian, dan budaya dari negara-negara Asia seperti misalnya China, Jepang, Mongolia, Korea, India, dan Tibet. Penampilan Suku Air kelihatannya dipengaruhi oleh budaya Inuit. Secara terang-terangan dapat ditemukan pengaruh dari seni dan sejarah China, anime Jepang, Hinduisme, Taoisme, Buddhisme,[1] dan Yoga.[2] Staf produksi memperkerjakan konsultan budaya, Edwin Zane, untuk meninjau naskah cerita.

Arti dari istilah Avatar
Istilah Avatar berasal dari Bahasa Sansekerta: “Avatāra”, yang berarti “turun”. Dalam Mitologi Hindu, para Dewa memanifestasikan dirinya dengan turun menjelma ke dunia untuk mengembalikan keseimbangan di muka bumi setelah mengalami zaman kejahatan (lihat: Avatar). Aksara China yang muncul di atas kata “Avatar” pada pembukaan cerita berarti “Perantara Tuhan yang turun ke dunia fana”.[3]

Ketertarikan saya semakin menjadi-jadi ketika melihat unsur KATLA (kayu, api, tanah,logam,air) juga ada pada Kartun AVATAR, hanya saja tidak sama persis. Ini menjadi sangat masuk dalam akal saya bawasannya kartun AVATAR bukan kartun-kartun seperti biasanya, karena ada banyak filosifi dan misteri alam semesta walaupun yang disiratkan sederhana dan terkesan dibesar-besarkan. Tapi kalo mau diteliti lebih jauh mengenai pengendalian unsur-unsur alam tersebut, ini menjadi sangat masuk diakal dan bisa di buktikan keberadaannya. Dalam pengobatan tradisonal pemanfaatan unsur-unsur KATLA adalah salah satu bagian yang tidak mungkin terlepaskan. Mengapa demikian, jawaban sederhana yang saya punya adalah semua unsur di Alam semesta juga ada di Alam kecil/diri manusia, kalau di avatar disebutkan sebagai bender/pengendali. Sebenarnya semua manusia memiliki unsur-unsur tersebut, hanya saja tidak semua orang mengetahui keberadaan dan kegunaan unsur tersebut. Itulah sebabnya saya menjadi sangat bersemangat untuk mengikuti ceritanya. Mau menjadi bender salah satu unsur di alam atau menjadi seperti avatar?? hehe..mau aplikasi nya??hehe. jawaban saya cuma.hehe.

sekian terima kasih.

Advertisements

Posted on 26 November 2007, in Umum. Bookmark the permalink. 3 Comments.

  1. AKU JUGA SUKA AVATAR MAKA DARI ITU AKU MERASA SENASIB DENGAN ANDA. KALAU BOLEH BAGI-BAGI JUGA DONG FILM AVATARNYA……………………….

  2. sige……berarti udah nonton pas avatar udah da rambutnya yah???emang bagus…cuma kl yang diglobal tv seasonnya diulang2 terus yah??jd bozen!!!

    oya ada yang lebih up to date nie, filmnya NARUTO ..
    punyanya jepang…..coba deh ditonton!!!

  3. Wah pas banget ney, td mo posting tentang NARUTO, yah flash ketinggalan, ga jadi deh..iya emang manteb NARUTO ney juga lagi nonton..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: